Krisis AS Tak Pengaruhi Dana Miskin

Krisis AS Tak Pengaruhi Dana Miskin
Krisis AS Tak Pengaruhi Dana Miskin

jpnn.com - JAKARTA—Program penanggulangan kemiskinan tidak akan dikurangi budjetnya, dan APBN tidak akan terganggu imbas krisis finansial di Amerika Serikat. Bahkan tahun ini defisitnya menurun dari 1,7 persen menjadi 1,3 persen. Demikian ditegaskan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Aburizal Bakrie, Selasa (7/10).

"Dari segi negara krisis di AS tak pernah menggaggu. Memang masalah pengetatan di seluruh dunia kredit juga memukul semua negara, namun kita tahun ini tidak memerlukan penerbitan SUN lagi, jadi baru tahun depan. Jadi semua positif."

Menko Kesra menambahkan, kalau toh ada pengetatan pada 2009, masalah lapangan kerja dan penanggulangan kemiskinan budjetnya tidak pernah dikurangi. "Kalau program penaggulangan kemiskinan kita teruskan, seperti PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri dan KUR (Kredit Usaha Rakyat), tahun depan angka kemiskinan akan tetap berkisar pada angka 11 hingga 12.5 persen," tambahnya.

Di sisi lain Menneg PPN/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, mengemukakan pemerintah harus menyiapkan strategi untuk menghadapi krisis finansial AS. Menurutnya yang bisa dilakukan pemerintah antara lain memperbaiki belanja pemerintah, perluasan Jaringan Pengaman Sosial, dan revitalisasi modal ventura. (esy)


JAKARTA—Program penanggulangan kemiskinan tidak akan dikurangi budjetnya, dan APBN tidak akan terganggu imbas krisis finansial di Amerika Serikat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News