Krisis Eropa, Jumlah Penduduk Spanyol Turun

Krisis Eropa, Jumlah Penduduk Spanyol Turun
Para pengangguran di Spanyol mengantre untuk mendapat tunjangan di salah satu kantor pemerintahan di Madrid. FOTO: AP
MADRID-  Kelesuan ekonomi yang menerpa Spanyol ternyata juga berimbas pada jumlah populasi Negeri Matador tersebut. Institut Statistik Nasional melansir, jumlah penduduk Spanyol turun hingga 206 ribu. Kini, Spanyol hanya memiliki warga berjumlah 47,1 juta. Ini merupakan kejadian pertama sepanjang sejarah bagi negeri pemenang Piala Dunia 2010 tersebut sejak 1857.

jpnn.com - Kondisi ekonomi yang tengah terpuruk memang membuat banyak imigran meninggalkan Spanyol. Hal tersebut berbeda dibandingkan dengan melesatnya ekonomi Spanyol sebelum 2008 silam.

Ketika itu, Spanyol banyak dihuni imigran dari Ekuador, Kolombia serta Bolivia yang bekerja di bidang konstruksi. Namun, ketika tingkat pengangguran menyentuh angka 26 persen, banyak imigran yang memutuskan pulang ke negaranya masing-masing. Institut Statistik Nasional melansir, para imigran dari negara di kawasan Amerika Selatan menjadi yang paling banyak kembali ke kampong halamannya.

“Ada peningkatan luar biasa terkait imigran dari 2000 sampai 2009 lalu, di mana hal itu membalikkan krisis ekonomi dengan cepat. Spanyol kekurangan karena tidak ada banyak pekerjaan,” terang Albert Esteve dari Barcelona Center for Demographic Studies seperti dilansir Daily Mail.

Ya, pada rentang 2000 hingga 2009 lalu, populasi di Spanyol memang meningkat sangat pesat. Tak kurang sebantak 924 ribu warga mampu meningkatkan jumlah penduduk di Negeri Matador.

Tapi, tak hanya para imigran yang menjadi factor utama menurunnya jumlah penduduk tersebut. warga local juga memegang peran besar. Sebab, banyak warga local yang meninggalkan Spanyol untuk bekerja di luar negeri. (jos/jpnn)


MADRID-  Kelesuan ekonomi yang menerpa Spanyol ternyata juga berimbas pada jumlah populasi Negeri Matador tersebut. Institut Statistik Nasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News