Kritik Ahmadinejad, Aktris Iran Dicambuk 90 Kali

Lewat Film, Juga Dipenjara Satu Tahun

Kritik Ahmadinejad, Aktris Iran Dicambuk 90 Kali
Kritik Ahmadinejad, Aktris Iran Dicambuk 90 Kali
TEHERAN - Sorotan kembali mengarah kepada Mahmoud Ahmadinejad. Sayang, kali ini penyebabnya bukan keberaniannya menantang Israel dan Amerika Serikat. Melainkan, sikap tangan besi rezim yang dipimpinnya terhadap kebebasan berekspresi.

Seperti dilansir situs kelompok oposisi, Kalameh.com, Minggu lalu (9/10) yang dikutip Daily Telegraph kemarin (10/10), aktris, sutradara, sekaligus produser film tenar Iran Marzieh Vafamehr dijatuhi vonis hukuman cambuk 90 kali dan penjara setahun. Vonis tersebut diketok pengadilan di Teheran Sabtu lalu (8/10). "Pengacara Marzieh sudah mengajukan banding," tulis Kalameh.com.

Vafamehr dihukum karena film yang dibintanginya, My Tehran for Sale. Film rilisan 2009 itu diputar meski belum mendapatkan izin. Film tersebut menuai kecaman kalangan konservatif Iran karena dianggap memuat beberapa adegan yang dinilai tidak islami.

Misalnya, sebuah adegan kala Vafamehr muncul tanpa mengenakan jilbab. Tetapi, alasan sebenarnya, seperti dilansir situs Iranian.com, adalah muatan kritiknya kepada rezim Ahmadinejad yang dianggap mengekang kebebasan.    

TEHERAN - Sorotan kembali mengarah kepada Mahmoud Ahmadinejad. Sayang, kali ini penyebabnya bukan keberaniannya menantang Israel dan Amerika Serikat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News