KSAD Pantau Langsung RS Lapangan untuk Tangani Pasien Covid-19

KSAD Pantau Langsung RS Lapangan untuk Tangani Pasien Covid-19
Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa. Foto: Dok Mabes TNI AD

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengecek langsung rumah sakit lapangan yang ada di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Rumah sakit itu didirikan oleh Batalyon Kesehatan I Divisi Infanteri I Kostrad untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

Andika pun selalu menyempatkan diri meninjau rumah sakit itu mulai dari pelayanan dan tenaga kesehatan yang tersedia di sana.

"Oleh karena itu harus ditempelkan (dengan RSPAD) supaya bisa beroperasi (rumah sakit) lapangan ini karena dibantu oleh SDM yang ditempeli sama dia," ujar Andika dalam tayangan YouTube TNI AD, Minggu (1/8).

Dalam peninjauan, Andika mengecek semua kesiapan personel hingga logistik yang dibutuhkan. Mulai dari kebutuhan air, listrik, alat komunikasi, hingga jaringan komunikasi.

Tak hanya itu, kesiapan alat kesehatan, obat-obatan, tenaga kesehatan hingga hal-hal penunjang untuk berdirinya rumah sakit juga ikut dilaporkan.

Menurutnya, dibutuhkan waktu tiga hari untuk mendirikan rumah sakit lapangan di area RSPAD Gatot Soebroto dengan nama Instalasi Rumah Sakit Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad-RSPAD Gatot Soebroto.

Andika menuturkan, sebanyak 25 tenda sudah digelar dengan alat kesehatan yang sudah lengkap. Dalam rumah sakit lapangan itu tersedia tenda IGD Observasi, tenda farmasi, tenda laboratorium, tenda radiologi, tenda ICU, ruang operasi, tenda perawatan untuk pasien laki-laki, dan perempuan serta tenda pemulasaran jenazah.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengecek langsung rumah sakit lapangan di RSPAD Gatot Soebroto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News