KSAL Pimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera di Atas KRI Banda Acah

KSAL Pimpin Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera di Atas KRI Banda Acah
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali TNI AL memberikan keterangan pers seusai memimpin peringatan Hari Dharma Samudera di atas KRI Banca Aceh – 593 pada Senin (16/1/2023). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali TNI AL memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera yang berlangsung di atas KRI Banca Aceh – 593 pada Senin (16/1/2023).

Menurut Laksamana ALi, peringatan tahun ini mengingatkan bangsa Indonesia pada momentum heroism perjuangan dan pengorbanan para prajurit Jalasena dengan mengangkat tema “Kobarkan Semangat Perjuangan Samudera Untuk Kejayaan Indonesia.”

Hari Dharma Samudera pada hakikatnya merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan, pejuang dan tokoh TNI AL yang telah mendharmabaktikan jiwa raganya untuk kejayaan bangsa dan negara dalam berbagai peristiwa pertempuran laut.

TNI AL mencatat sejumpah pertempuran yang sangat heroik dan telah tercatat dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai perjuangannya terus diwariskan kepada generasi penerus, khususnya para kesatria pengawal samudera,” ujar Laksamana Muhammad Ali.

Sejumlah peristiwa tersebut di antaranya pada 4 April 1946 di Selat Bali, perahu-perahu yang membawa pasukan ekspedisi lintas laut Jawa-Bali pimpinan Kapten Laut Markadi, terlibat kontak senjata dengan dua landing craft mechanized Belanda.

Unsur patroli Belanda tersebut berhasil ditenggelamkan, Pasukan Markadi berhasil mendarat dengan selamat dan turut memperkuat kesatuan TNI di Pulau Bali.

Selain itu, pada 5 Januari 1947 d Teluk Cirebon, Kapal RI Gajah Mada yang sedang melaksanakan latihan gabungan dengan pasukan Angkatan Darta, terlibat pertempuran denah korvet dan kapal perusak Angkatan Laut Belanda.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali TNI AL memimpin upacara peringatan Hari Dharma Samudera di atas KRI Banca Aceh-593.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News