KSAL Yudo Siapkan Langkah Antisipasi Kerawanan Adanya Rudal dari Laut ke Lokasi IKN

KSAL Yudo Siapkan Langkah Antisipasi Kerawanan Adanya Rudal dari Laut ke Lokasi IKN
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono melihat peta dan lahan bakal dijadikan Markas Besar TNI AL di lokasi IKN Nusantara. Laksamana Yudo menyebut kerawanan mungkin terjadi adanya rudal dari llaut ke permukaan. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono meninjau lahan yang bakal dijadikan Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) di sekitar lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (30/6).

Kedatangan KSAL di Kaltim tersebut juga didampingi Asrena KSAL Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Aslog KSAL Laksda TNI Puguh Santoso, Pangkoarmada II Laksda TNI TSNB. Hutabarat, Komandan Lantamal XIII Laksma TNI Fauzi beserta pejabat lainnya di IKN Nusantara.

KSAL Yudo mendapatkan penjelasan dari perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai lokasi pembangunan gedung Mabesal.

Selesai meninjau lokasi rencana pembangunan Mabesal, selanjutnya rombongan bergeser ke titik nol tempat dibangunnya IKN Nusantara.

Laksamana Yudo Margono mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, TNI harus tegak lurus dengan kebijakan pemerintah sehingga TNI siap menjadi benteng pertahanan dan pengamanan untuk mendukung pembangunan IKN Nusantara.

TNI AL juga berencana membuat dua Kodamar di wilayah barat dan timur IKN Nusantara. Kodamar akan dibangun di Pontianak serta di timur, yakni Tarakan dan Balikpapan.

KSAL menjelaskan TNI AL mendukung IKN dengan dua segmen. Pertama, pemindahan Markas Besar TNI AL sesuai dengan Markas Besar TNI yang sudah disiapkan lahannya.

Segmen kedua adalah untuk pertahanan matra laut, untuk Lanal Balikpapan yang nantinya dikembangkan menjadi Kodamar.

Setelag melihat lahan bakal dijadikan Mabes TNI AL di lokasi IKN Nusantara, KSAL Yudo sebut kerawanan mungkin terjadi adanya rudal dari laut ke permukaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News