KSPI Siap Dukung Capres Pro Buruh

KSPI Siap Dukung Capres Pro Buruh
Ribuan buruh melakukan unjuk rasa ketika memperingati Hari Buruh Sedunia di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (1/5). Dalam aksinya mereka menuntut hentikan perampasan upah buruh dan berikan jaminan sosial bagi rakyat yang sepenuhnya di tanggung negara. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kalangan buruh berharap banyak kepada presiden periode mendatang. Anggota Majelis Nasional Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Agus Toniman mengatakan bahwa organisasinya hanya mendukung calon presiden (capres) yang memperjuangkan hak-hak buruh.

"Sudah menata ulang Indonesia menuju negara sejahtera. Jalankan jaminan pensiun wajib per 1 Juli 2015, hapuskan outsourcing BUMN dan perusahaan swasta," kata Agus dalam acara puncak peringatan Hari Buruh Sedunia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (1/5).

Selain poin-poin tersebut, ada beberapa hal lain yang juga dituntut oleh KSPI. Yakni memperjuangkan subsidi APBN/APBD untuk tenaga pendidik dan pegawai honorer, perumahan murah untuk buruh dan rakyat, jaminan kesehatan gratis untuk buruh dan rakyat miskin serta meminta pengesahan UU PRT dan revisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Pelindungan TKI.

Agus mengatakan, apabila capres tersebut bersedia memenuhi syarat-syarat tersebut maka buruh di seluruh Indonesia akan memberikan dukungan penuh.

"Kita ajukan syarat-syarat yang merupakan ketentuan kita. Hanya capres yang setuju dengan syarat-syarat itu yang kita dukung," ujarnya.

Puncak peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini dinamakan May Day Fiesta. Acara yang dihadiri puluhan ribu buruh ini dimeriahkan oleh hiburan dangdut. Rencananya, capres Partai Gerindra Prabowo Subianto akan berorasi dalam acara ini. (dil/jpnn)


JAKARTA - Kalangan buruh berharap banyak kepada presiden periode mendatang. Anggota Majelis Nasional Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News