KTP Ganda 250 Ribu Orang, Berpotensi Ganggu Pemilukada 2012

KTP Ganda 250 Ribu Orang, Berpotensi Ganggu Pemilukada 2012
KTP Ganda 250 Ribu Orang, Berpotensi Ganggu Pemilukada 2012
JAKARTA -- Sejumlah ancaman kecurangan membayangi Pemilukada DKI Jakarta 2012. Salah satunya, ancaman kecurangan terkait tingginya pemilik Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda di ibu kota. Bagaimana tidak. Jumlah pemilik KTP ganda saat ini mencapai 250 ribu orang.

’’Masalah KTP ganda harus segera diselesaikan, kalau tidak ditakutkan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu saat Pemilukada 2012 mendatang,’’ kata Djan Faridz, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, saat rapat bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta Dinas Sosial di Jakarta Pusat, kemarin (2/8).

Dijelaskan Djan, data 250 ribu jumlah pemilik KTP ganda tersebut hanya data yang tercatat. Padahal, menurut estimasi yang ada jumlahnya bisa jauh lebih besar. Hal itu berdasar jumlah penduduk comuter seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang yang bekerja di Jakarta. Karena, sebagian besar penduduk comuter tersebut memiliki KTP ganda. ’’Mereka memiliki KTP daerah asal, dan KTP Jakarta. KTP Jakarta dibuat untuk keperluan kemudahan mengurus berbagai hal, seperti pekerjaan dan surat-surat izin,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Politisi yang juga Ketua PWNU DKI Jakarta tersebut mengungkapkan, tingginya jumlah KTP ganda ini bisa menjadikan Pemilukada 2012 terancam. Sebab, bisa saja KTP ganda tersebut digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mencurangi kandidat lainya. ’’Untuk itu permasalahan KTP ganda ini musti secepatnya diselesaikan,’’ terangnya.

JAKARTA -- Sejumlah ancaman kecurangan membayangi Pemilukada DKI Jakarta 2012. Salah satunya, ancaman kecurangan terkait tingginya pemilik Kartu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News