Kualanamu Makin Sesak, Belawan Capai Puncak

Kualanamu Makin Sesak, Belawan Capai Puncak
Kualanamu Makin Sesak, Belawan Capai Puncak

jpnn.com - LIMA hari jelang Lebaran 1434 H, bandara mulai dipadati penumpang baik yang akan berpergian maupun yang kembali. Berdasarkan pantauan wartawan sebagian besar adalah penumpang menggunakan penerbangan domestik, karena banyak penumpang dari berbagai kota dengan tujuan mudik ke Medan.

Firmansyah, seorang penumpang yang baru tiba dari Jakarta untuk tujuan mudik ke Medan mengatakan baru kali ini menginjakkan kaki di kualanamu. Diungkapannya walaupun sempat agak bingung tapi merasa cukup bangga Medan punya bandara semewah Kualanamu.

“Awalnya sih agak bingung ya, tapi nanti pasti biasa. Saya banggalah orang kita di Sumut punya bandara mewah,” katanya.

Senada, Dewi, penumpang lainnya yang baru tiba dari Padang beserta suami dan kedua anaknya mengatakan datang ke Medan juga untuk tujuan mudik. “Alhamdulilah sudah ada kesempatan untuk mengunjungi orangtua. Karena diperusahaan saya sudah mulai libur jadi saya boyong keluarga ke Medan untuk mudik,” ujarnya.

Ali Sofyan, Manajer Service Bandara Kualanamu mengatakan memang terjadi penambahan jumlah penumpang yang berdatangan dari luar kota Medan sejak sehari lalu hingga hari ini. Sebab pekan terakhir jelang lebaran ini merupakan pekan dimana sebagian karyawan perusahaan sudah memberikan libur kepada pegawainya.

“Sudah ada sekitar15 ribuan penumpang baik tujuan mudik maupun balik sejak 2 hari ini, dan jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan bertambah dekatnya hari H tersebut, “ujarnya.

Ali juga mengungkapkan berdasarkan analisis kementrian perhubungan bahwa puncak lonjakan arus penumpang terjadi pada H-4 hingga H-1 jelang lebaran. Jadi dijelaskannya jika petugas yang terkait menjalankan peranannya secara optimal maka kemacetan yang luar biasa tidak terjadi.

Disebutkannya pula, beberapa fasililitas sudah cukup maksimal untuk saat ini baik fasilitas kecil dan besar. “Secara fasilitas sudah cukup maksimal karena secara penggunaannya sudah bisa digunakan seperti toilet, mushola, eskalator, lift, serta fasilitas modern lainnya seperti delapan garbarata (avio bridge) yang akan menghubungkan penumpang langsung dari area keberangkatan di dalam terminal menuju kabin pesawat serta ruang tunggu (boarding lounge) yang luas dan memisahkan antara penumpang penerbangan domestik dan internasional,” jelasnya.

LIMA hari jelang Lebaran 1434 H, bandara mulai dipadati penumpang baik yang akan berpergian maupun yang kembali. Berdasarkan pantauan wartawan sebagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News