Dishub Uji Emisi Bus Lebaran

Dishub Uji Emisi Bus Lebaran
Dishub Uji Emisi Bus Lebaran

jpnn.com - RANGKASBITUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak melakukan uji emisi gas buang kendaraan di Terminal Mandala, Cibadak, Sabtu (3/8). Tujuan kegiatan ini untuk memastikan kondisi kendaraan laik jalan saat membawa penumpang mudik.

Ditemui disela-sela uji emisi, Kepala Dishub Lebak Kosim Ansori mengatakan, pengecekan uji emisi gas buang merupakan kegiatan lanjutan pengecekan kendaraan arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini yang diawali pada Kamis (18/7) lalu.
"Alhamdulillah, pada pemeriksaan yang kedua kalinya ini semua bus laik jalan,” katanya.

Dikatakan Ansori, selain pemeriksaan emisi gas buang, dalam kegiatan tersebut juga dicek kelengkapan dokumen, perlengkapan alat darurat, kotak kesehatan, dan perlengkapan keselamatan penumpang lainnya. “Kami sengaja melakukan ini agar pemudik benar-benar selamat sampai tempat tujuan," katanya seraya mengatakan salah satu penyebab kecelakaan lalulintas karena kendaraan tidak laik jalan.

Kasat Lantas Polres Lebak AKP I Gede Subrata yang ditemui di acara tersebut, menambahkan, operasi kendaraan bertujuan untuk menjamin keselamatan penumpang dan awak bus di perjalanan. "Kalau bus tidak laik jalan, maka seluruh penumpang akan diturunkan. Dialihkan kepada bus yang memenuhi standar laik jalan yang sudah siap," katanya.

Roji (45), salah seorang calon penumpang tujuan Rangkasbitung-Cimone, menyambut baik adanya pemeriksaan uji emisi kendaraan oleh petugas. Dengan itu, kata dia, diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan. “Seharusnya pemeriksaan kendaraan ini tidak hanya jelang arus mudik Lebaran, tetapi dilakukan terus menerus seperti tiga bulan sekali,” harapnya. (nce/zis)


RANGKASBITUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak melakukan uji emisi gas buang kendaraan di Terminal Mandala, Cibadak, Sabtu (3/8). Tujuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News