Kualitas Pelayanan di Perbatasan Kalbar Bakal Makin Ok

Kualitas Pelayanan di Perbatasan Kalbar Bakal Makin Ok
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Perhubungan

jpnn.com, KALIMANTAN BARAT - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal memberikan 12 bus untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat daerah perbatasan dan sekitarnya di Kalimatan Barat (Kalbar).

Untuk angkutan bus perintis, saat ini kata Budi ada dua rute perintis di Kalbar yakni, rute perbatasan Putussibau-Badau-Puring Kencana sejauh 248 km.

Rute tersebut sekarang dilayani Damri dengan tiga unit bus, yang masing-masing berkapasitas 24 orang.

Bus tersebut beroperasi 3 rit perharinya, dengan tarif Rp 180 ribu. Rata-rata tingkat keterisian bus/load factornya kurang lebih 30 persen.

Kedua, rute Bengkayang - Jagoibabang sejauh 106 km, dilayani dua unit bus Damri berkapasitas masing-masing 24 orang yang melayani sebanyak 3 rit setiap harinya denan tarif Rp 40 ribu sekali jalan.

"Diharapkan dengan adanya bantuan tambahan bus pada tahun depan, dapat menambah kualitas pelayanan di daerah perbatasan seperti di Putussibau dan daerah perbatasan lainnya di Kalbar," ujar Budi dalam siaran persnya, Kamis (16/3).

Selain pelayanan angkutan bus perintis, juga tersedia pelayanan angkutan bus komersial pada rute Sambas-Aruk sejauh 72 km dan Jawai-Aruk sejauh 75 km yang dilayani Perusahaan Otobus swasta dan Koperasi yaitu PT Air Sambar Pratama dan Koperasi Trans Jaya.(chi/jpnn)

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal memberikan 12 bus untuk meningkatkan pelayanan transportasi bagi masyarakat daerah perbatasan dan sekitarnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News