Rabu, 17 Juli 2019 – 19:31 WIB

Kuil India Simpan Harta Rp 189 Triliun

Rabu, 06 Juli 2011 – 11:21 WIB
Kuil India Simpan Harta Rp 189 Triliun - JPNN.COM

NEW DELHI - Sebuah kuil Hindu di India ternyata menyimpan harta karun yang luar biasa. Para pejabat pemerintah telah membuka ruang rahasia di bawah tanah yang berada di Kuil Sree Padmanabhaswamy, Trivandrum, Negara Bagian Kerala, selatan India.

Enam ruang bawah di kuil peninggalan abad ke-16 tersebut yang ditutup selama lebih dari 150 tahun telah dibuka. Sebuah panel pemerintah membuka ruang keenam Senin lalu (4/7). Aneka koin emas, batu permata, dan perhiasan pun ditemukan pada kuil Dewa Wisnu tersebut. Berdasar taksiran tidak resmi, total nilai harta karun itu mencapai satu triliun rupee atau sekitar USD 22 miliar (lebih dari Rp 189 triliun).

Menyusul temuan tersebut, Kepala Polisi Kerala Jacob Punnoose menyatakan bahwa pihaknya telah mengirim personel polisi tambahan untuk menjaga kuil itu. Dia juga berencana mendatangkan sistem keamanan teknologi tinggi untuk melindungi harta karun tersebut.

Pasukan komando bersenjata lengkap membuat pagar betis di sekitar kuil tersebut sejak Senin lalu. Menteri Besar Kerala Oommen Chandy menyatakan, pemerintah lokal sengaja mengambil langkah jaga-jaga. Pengamanan di sekitar kuil itu dibuat tiga lapis dengan melibatkan 100 polisi bersenjata lengkap.

"Harta karun itu akan tetap disimpan dalam kuil. Polisi Kerala kini mengambil alih tugas pengawasan keamanan dari para staf kuil," tutur Chandy. Dia juga menaksir penemuan harta itu senilai 500 miliar rupee atau USD 11,2 miliar (sekitar Rp 96,3 triliun).

Tetapi, pensiunan hakim Pengadilan Tinggi Kerala C.S. Rajan memperkirakan nilai harta karun tersebut jauh lebih besar. Rajan termasuk salah satu di antara tujuh anggota tim yang ditunjuk Mahkamah Agung India untuk memantau perburuan harta karun itu. Dia mengestimasikan nilai harta karun itu bisa sampai satu triliun rupee.

"Nilai-nilai arkeologis dan keantikan harta karun tersebut belum bisa diperhitungkan," katanya. Ruang ketujuh yang tertutup tembok baja hanya akan dibuka jika ada instruksi langsung dari MA. Sebelumnya, MA India telah memerintahkan agar kuil itu dikelola pemerintah Negara Bagian Kerala untuk menjamin keamanannya.

The Times of India melaporkan, satu ton koin emas yang ditemukan berasal dari era pemimpin militer Prancis Napoleon Bonaparte. Patung-patung emas dan berlian juga termasuk artefak yang ditemukan di kuil tersebut.

Selain itu, terdapat 450 guci emas, serta 2 ribu batu mirah delima dan mahkota yang bertabur permata. Bocoran yang diperoleh media menyebut bahwa harta karun itu meliputi pula 400 kursi emas hingga sebuah patung Dewa Wisnu yang berhiaskan 1.000 berlian.

Survei Arkeologi India (ASI), lembaga konservasi nasional milik pemerintah, mengaku terpesona atas temuan itu. "Saat ini kami masih bekerja di tengah kegelapan. Yang kami tahu hanyalah harta karun itu tak ternilai," kata Dirjen ASI Gautam Sengupta. "Belum ada arkeolog yang pernah melihat ruang bawah tanah itu setelah dibuka dan ditemukan harta karun di dalamnya," lanjutnya. (AP/AFP/dwi)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar