Kunjungi Lanud Iswahjudi, Puan dan KSAU Resmikan Gedung Surindro Supjarso

Kunjungi Lanud Iswahjudi, Puan dan KSAU Resmikan Gedung Surindro Supjarso
Ketua DPR Puan Maharani, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta putra Surindro Supjarso, yakni Muhammad Prananda Prabowo (Mas Nanan) dan Muhammad Rizky Pratama, saat peresmian Gedung Kapten Penerbang Surindro Supjarso di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, MAGELANG - Ketua DPR Puan Maharani bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan fasilitas baru di area Lanud Iswahjudi,  Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (16/6). Fasilitas baru itu berupa gedung bernama Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso.

Puan dan Marsekal Fadjar meresmikan gedung itu dengan menggunting pita dan membuka selubung penutup patung Surindro. Dua putra Surindro, Muhammad Rizki Pratama dan Muhammad Prananda Prabowo, juga hadir pada peresmian itu.

Marsekal Fadjar dalam sambutannya mengatakan TNI AU sangat mengapresiasi jasa Surindro. Sejarah mencatat suami pertama Megawati Soekarnoputri itu merupakan pilot TNI AU yang hilang dalam misi latihan di Biak, Papua, pada 1970. 

“Atas nama TNI AU kami ingin mengabadikan nama Bapak Kapten Penerbang Surindro Supjarso sebagai nama gedung ini. Hal tersebut sebagai wujud rasa hormat kami, rasa bangga kami, sekaligus sebagai bentuk penghargaan atas darma bakti beliau bagi tanah air dan angkasa Indonesia,” kata Fadjar.

Perwira tinggi TNI yang juga penerbang pesawat tempur itu mengharapkan Gedung Surindro Supjarso yang dilengkapi Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) menginspirasi generasi penerus untuk menimba ilmu pengetahuan udara modern. 

Marsekal Fadjar juga mengutip pernyataan Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno tentang pentingnya Indonesia menguasai sektor udara menghadapi perang modern.  

"Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena kekuatan nasional di udara faktor yang menentukan dalam perang modern," ujar Marsekal Fadjar menukil pernyataan Bung Karno. 

Sebelum dan sesudah peresmian, Marsekal Fadjar juga mengajak putra maupun cucu Surindro berfoto bersama dan meninjau sejumlah fasilitas di Lanud Iswahjudi itu. 

Puan Maharani dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan gedung Kapten Penerbang Anumerta Surindro Supjarso.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News