KY Dorong Ada Regulasi Keamanan Pengadilan

KY Dorong Ada Regulasi Keamanan Pengadilan
KY Dorong Ada Regulasi Keamanan Pengadilan
JAKARTA-Komisi Yudisial (KY) merespon usulan Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN) terkait perlunya jaminan kemananan dari tindak kekerasan di lembaga pengadilan. “Komisi Yudisial sepakat dan sepaham dengan usulan yang disampaikan oleh KRHN,” kata Komisioner Pengawasan Hakim dan Investigasi KY, Suparman Marzuki, saat jumpa pers di gedung KY, Jakarta, Rabu (23/2).

Karena menurutnya, kekerasan yang terjadi di lingkungan pengadilan merupakan masalah serius untuk diatasi oleh pemerintah, Mahkamah Agung (MA), Kepolisian, dan KY.

Untuk itu, lanjut Parman, pihaknya  akan mengambil langkah cepat untuk membahas masalah ini dengan pihak-pihak terkait. “Langkah-langkah jangka pendeknya, kami akan memprakarsai  bertemu dengan Mahkamah Agung (MA) dan Kepolisian untuk membahas masalah ini,”

Langkah jangka panjangnya, lanjut Parman,perlu ada regulasi yang mengatur tindak kekerasan di pengadilan. Menurutnya, langkah ini tepat untuk memproteksi dan memberikan perlindungan untuk pengadilan karena pengadilan tempat terhormat. "Jadi apabila pengadilan hilang kehormatan, maka pada dasarnya negara sudah kehilangan kontrol kewibawaan," tandasnya.

JAKARTA-Komisi Yudisial (KY) merespon usulan Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN) terkait perlunya jaminan kemananan dari tindak kekerasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News