Lagarde Pergi, Sarkozy Rombak Seluruh Kabinet

Lagarde Pergi, Sarkozy Rombak Seluruh Kabinet
Lagarde Pergi, Sarkozy Rombak Seluruh Kabinet
PARIS - Terpilihnya Menteri Keuangan (Menkeu) Prancis Christine Lagarde sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) membuka jalan bagi Presiden Nicolas Sarkozy untuk merombak kabinetnya. Posisi yang ditinggalkan Lagarde akhirnya diisi oleh Menteri Anggaran Francois Baroin.

Baroin, 46, adalah orang dekat dari rival utama Sarkozy yang juga mantan Presiden Jacques Chirac. Jabatan lama Baroin selanjutnya diberikan kepada Valerie Pecresse, yang sebelumnya menjabat menteri pendidikan tinggi.

Reshuffle yang dilakukan Sarkozy ternyata tidak sebatas itu, malah lebih luas dibandingkan prediksi awal. Sarkozy juga memasukkan sejumlah tokoh aliran tengah ke dalam kabinetnya. Itu dilakukan untuk menghadapi ancaman dari kelompok kanan tengah sebagai bagian dari kampanyenya sepuluh bulan sebelum pilpres Prancis tahun depan.

Jabatan lama Pecresse diisi oleh Menteri Urusan Eropa Laurent Wauqiez. Lalu, posisi yang ditinggalkan Wauqiez diserahkan kepada anggota parlemen dari UMP (partai Sarkozy), yakni Jean Leonetti.

PARIS - Terpilihnya Menteri Keuangan (Menkeu) Prancis Christine Lagarde sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) membuka jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News