Lagi, Bank Asing Maybank Pailitkan Pengusaha Nasional

Lagi, Bank Asing Maybank Pailitkan Pengusaha Nasional
Anggota Komisi III DPR Junimar Girsang. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Setelah mempailitkan PT Dhiva Inter Sarana dan Richard Setiawan (Dhiva) pada awal tahun 2015, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank) baru-baru ini kembali mempailitkan nasabahnya lagi, PT Meranti Maritime dan Henry Djuhari (Meranti).

Direktur Utama PT Meranti Henry Djuhari mengungkap, tim kepailitan yang sama, yaitu pengurus atau kurator Allova Herling Mengko SH dan Dudi Pramedi SH, kembali diusulkan oleh Maybank untuk  menjadi pengurus Debitor. Selanjutnya ditunjuk lagi sebagi kurator ketika debitor menjadi pailit.

Dalam kasus Meranti proses kepailitannya berlangsung alot dan PKPU berlangsung maksimal sampai 270 hari. Karena hanya Maybank yang tidak setuju terhadap proposal perdamaian, sedangkan semua kreditor lainnya setuju.

"Anehnya, Maybank yang jumlah kreditnya tidak melebihi 30 persen dari total kredit, berhasil mempailitkan Meranti yang telah dirintis selama lebih dari 30 tahun,” ujar Henry dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (19/10).

Menurutnya, kepailitan yang melalui proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ini sangat janggal. Tujuan utama PKPU adalah perdamaian, sehingga apabila Kreditur atau Debitur memohon perlindungan hukum kepada Pengadilan Niaga untuk dilangsungkan nya PKPU, seyogyanya pihak-pihak yang menginginkan PKPU ini akan berusaha sebaik mungkin agar terjadi perdamaian.

“Namun hal ini tidak terjadi dalam  kasus PKPU ini. Bahkan Maybank yang hanya memiliki suara kurang dari 30 persen dapat mempailitkan Meranti," ujarnya.

Yang anehnya lagi, ungkap Henry, didalam kasus kepailitan Meranti, pengurus yang diusulkan oleh Maybank adalah pengurus yang ‘berhasil mempailitkan’ Dhiva, yang merupakan nasabah Maybank sebelumnya.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar, apakah memang tujuan Maybank adalah untuk ‘mempailitkan’ nasabah? Apabila benar, berarti sudah terjadi suatu ketidakadilan dan penyalahgunaan hukum dimana sebenarnya PKPU adalah wadah perlindungan hukum kepada debitur untuk menawarkan perdamaian. Bukan menjadikan PKPU sebagai wadah untuk mempailitkan debitur.

JAKARTA - Setelah mempailitkan PT Dhiva Inter Sarana dan Richard Setiawan (Dhiva) pada awal tahun 2015, PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank) baru-baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News