Lagi-lagi Demokrat Kecewa dengan Partai Koalisi

Lagi-lagi Demokrat Kecewa dengan Partai Koalisi
Lagi-lagi Demokrat Kecewa dengan Partai Koalisi
JAKARTA - Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa mengaku kecewa terhadap koalisi partai politik pendukung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) Partai Koalisi soal keistimewaan Yogjakarta.

"Partai Demokrat jelas kecewa melihat hasil sidang Pripurna DPRD Daerah Istimewa Yogjakarta karena hanya Fraksi Demokrat di DPRD Yogjakarta yang tidak mendukung soal penetapan Gubernur Kepala Daerah DIY. Selebihnya bersikap mendukung penetapan," kata Saan Mustopa, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (14/12). Sikap fraksi-fraksi DPRD Yogjakarta yang tidak satu kata dengan Fraksi PD soal keistimewaan DIY adalah sebuah sikap ambivalen dalam mendukung pemerintah. "Seharusnya untuk kelas RUUK DIY yang sudah disiapkan pemerintah, peserta koalisi solid. Perbedaan pendapat seperti ini idealnya tidak perlu terjadi," ujar Saan Mustopa.

Padahal lanjutnya, Setgab koalisi dibangun dengan semangat menyukseskan pemerintahan SBY. Adanya perbedaan pendapat di tingkat daerah menunjukkan kurangnya semangat dan komitmen koalisi mendukung pemerintahan. "Setgab ini kan terpusat, seharusnya apa yang diputuskan di pusat sama sampai di daerah. Ini menjadi pengalaman berharga. Ini masalah komitmen partai koalisi. Perbedaan kepentingan koalisi di daerah, utamanya untuk kepentingan Pemilukada. Namun, kepentingan politik seharusnya berada di bawah kepentingan bersama untuk menyukseskan pemerintahan SBY,” kata Saan.

Sebagaimana yang telah diberitakan, sidang paripurna DPRD Yogjakarta memutuskan mendukung penetapan Sultan Hamengku Buwono X dan Paku Alam IX menjadi gubernur dan wakil gubernur DIY. Namun Fraksi PD DPRD DIY menjadi satu-satunya fraksi yang tidak menyinggung penetapan. (fas/jpnn)

JAKARTA - Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat (PD), Saan Mustopa mengaku kecewa terhadap koalisi partai politik pendukung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News