Lagu Aku Papua Dinyanyikan Tanpa Izin, Keluarga Franky Sahilatua Mengadu Ke DJKI

Lagu Aku Papua Dinyanyikan Tanpa Izin, Keluarga Franky Sahilatua Mengadu Ke DJKI
Pesta kembang api saat pembukaan PON XX Papua, Sabtu malam (2/10). (ANTARA/HO/Humas PB PON)

jpnn.com, JAKARTA - Pihak keluarga Franky Sahilatua kecewa karena lagu Aku Papua dinyanyikan tanpa izin saat upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Lagu ciptaan mendiang Franky itu dinyanyikan oleh Edo Kondologit hingga Nowela Idol saat upacara pembukaan PON XX Papua pada Sabtu (2/10) lalu.

Pihak keluarga Franky Sahilatua terutama sang istri, Harwatiningrum alias Antiq tidak terima lagu Aku Papua dibawakan tanpa izin.

Oleh sebab itu, Antiq dengan kuasa hukumnya, Igor Renjana, mengadukan dugaan pelanggaran hak cipta itu ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI), belum lama ini.

"Aku Papua itu di pembukaan PON itu enggak ada izin dari ahli waris Franky. Ya, kami lagi lapor ke DJKI," kata Igor Renjana, saat dihubungi awak media, Sabtu (16/10).

Igor Renjana mengatakan bahwa terlapor atas aduan tersebut masih dalam penyelidikan.

Sebab, mereka belum mengetahui siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas hal tersebut.

"Saya serahkan sama penyidik, siapa yang bertanggung jawab. Saya enggak tahu apakah EO, Kemenpora, atau kepala staff kepresidenan yang menggunakan channel YouTube itu. Pokoknya kami lihat dari segi komersialnya saja," jelas Igor.

Pihak keluarga Franky Sahilatua tidak terima lagu Aku Papua dinyanyikan tanpa izin saat upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.