Lakpesdam PWNU DKI Keluarkan Gagasan Fikih Tata Kota

Lakpesdam PWNU DKI Keluarkan Gagasan Fikih Tata Kota
Seminar yang akan diselenggarakan Lakpesdam PWNU DKI Jakarta dengan tema “Menggagas Implementasi Fiqh Tata Kota untuk Jakarta: Maju Kotanya, Bahagia Warganya”. Foto: dok. PWNU DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Berangkat dari pemikiran tentang kompleksitas tata kota di Jakarta, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PWNU) DKI Jakarta mengeluarkan tentang pentingnya gagasan fikih tata kota.

Gagasan tersebut bertujuan untuk menjawab tantangan perkembangan perkotaan yang ada saat ini, khususnya di DKI Jakarta dan turut mewujudkan akselerasi tercapainya visi ibu kota, yaitu Maju Kotanya, Bahagia Warganya.

Gagasan tersebut akan dibahas dalam seminar dengan tema “Menggagas Implementasi Fikih Tata Kota untuk Jakarta: Maju Kotanya, Bahagia Warganya”.

Ketua Lakpesdam PWNU DKI Jakarta KH Khalilurrahman mengatakan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh ibu kota sebagai daerah yang menjadi tempat pusat pemerintahan negara sekaligus pusat ekonomi nasional.

“Hal ini tentu mempunyai problem yang sangat kompleks dalam hal pengelolaan tata ruang,” katanya di Jakarta, Jumat (22/10).

Apalagi, kata Kiai Khalil, dengan posisi Jakarta yang juga menjadi salah satu kota padat penduduk yakni lebih dari sebelas juta mendiami daratan dengan luas sekitar hanya 662 kilometer persegi sehingga menambah kompleksitas tersendiri.

“Isu yang terkait dengan tata kota merupakan isu yang multidimensional dan semuanya saling terkait, mulai dari penyediaan lapangan pekerjaan, hunian yang nyaman, lingkungan yang sehat dan hijau, potensi kebencanaan, sistem transportasi, pelayanan publik bahkan sampai bagaimana menghadirkan keadilan baik secara ekonomi maupun sosial budaya untuk para penduduknya,” katanya.

Melakukan manajemen terhadap semua isu tersebut secara ideal, dinilai Kiai Khalil, jelas bukan sesuatu hal yang mudah, namun harus selalu diikhtiarkan untuk mencapai kondisi yang lebih baik.

Berangkat dari pemikiran tentang kompleksitas tata kota di DKI Jakarta, Lakpesdam PWNU DKI Jakarta mengeluarkan tentang pentingnya gagasan fikih tata kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News