Laksamana Pertama TNI Ahmad Heri Purwono Resmi Pimpin Kolinlamil

Laksamana Pertama TNI Ahmad Heri Purwono Resmi Pimpin Kolinlamil
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji saat melantik Laksamana Pertama Ahmad Heri Purwono sebagai Panglima Kolinlamil di Lapangan apel Mabesal, Jakarta, Selasa (15/10). Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, JAKARTA - Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono resmi memimpin Komando Lintas Luat Militer (Kolinlamil), Selasa (15/10). Heri dilantik menjadi Pangkolinlamil yang baru, menggantikan Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto dalam sebuah upacara militer serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Lapangan apel Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (15/10). Serah terima jabatan Pangkolinlamil ini juga bersama dengan Panglima Koarmada I dan Panglima Koarmada II.

Rangkaian Sertijab Pangkolinlamil sebelumnya telah dilaksanakan pembacaan Memorandum Pangkolinlamil, Jumat (10/10) di Mako Kolinlamil, Jakarta, dan di waktu yang sama juga dilaksanakan pembacaan memorandum Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Kolinlamil dari Ny. Heru Kusmanto kepada Ny Ahmadi Heri Purwono selanjutnya serah terima jabatan Ketua PG Jalasenastri Kolinlamil dilaksanakan usai Sertijab Pangkolinlamil di Mabesal.

Kasal Laksamana TNI Siwi dalam amanatnya mengatakan tugas TNI Angkatan Laut ke depan sangat dipengaruhi oleh lingkungan strategis global, regional maupun nasional. Prediksi terhadap gangguan keamanan maritim baik di tingkat kawasan dan global akan selalu berubah dengan cepat, penuh dengan ketidak pastian, kompleks dan dapat mengecoh atau dikenal dengan istilah Vuca.

“Kita selaku komponen utama pertahanan negara di laut dituntut kesiapsiagaannya. Sebagai konsekuensinya, bangsa ini membutuhkan Angkatan Laut yang profesional dan modern dalam mengamankan perairan yurisdiksi nasional. Untuk itu, TNI Angkatan Laut akan terus membangun kekuatannya, termasuk profesionalisme prajurit sesuai dengan komitmen pemerintah pada tema dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 yaitu menciptakan “SDM unggul untuk Indonesia maju” jelas Kasal.

Dalam mendukung kepentingan nasional dan pencapaian pembangunan kekuatan angkatan laut diperlukan peran penting Koarmada dan Kolinlamil sebagai kotama pembinaan dan operasional TNI Angkatan Laut. Koarmada bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen SSAT, kemampuan peperangan laut, serta kesiapan operasional guna melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang.

“Komando Lintas Laut Militer memiliki tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer (anglamil) termasuk membina potensi angkutan laut nasional (Anglanas) untuk kepentingan pertahanan negara di laut serta melaksanakan angkutan administratif, taktis dan strategis, baik dalam Operasi Militer untuk Perang maupun Operasi Militer selain Perang,” tandas Kasal.

Heri Purwono merupakan Perwira Tinggi lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988. Karier militernya dimulai sejak dilantik menjadi perwira TNI AL dengan pangkat Letnan Dua, berbagai penugasan telah diembannya baik di Kapal Perang maupun di staf.

Penugasan di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan staf di antaranya sebagai Palaksa KRI Yos Sudarso-353, Dandiv-B Korsis AAL, Palaksa KRI Ajak-653, Komandan KRI Soputan-923, Komandan KRI Sura-802, Komandan KRI Singa-651, Komandan KRI Badik-623, Pabanren Sops Armatim, Komandan Lanal Balikpapan, Dirminlakgar Ditjenrenhan Kemhan RI, Komandan Lantamal VIII Manado dan Kepala Staf Koarmada II.

Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono resmi memimpin Komando Lintas Luat Militer (Kolinlamil), Selasa (15/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News