Laksamana Yudo: Modernisasi Alutsista jadi Program Prioritas TNI AL

Laksamana Yudo: Modernisasi Alutsista jadi Program Prioritas TNI AL
Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana Yudo Margono, saat dimintai keterangan. Rabu, (9/3/2022). ANTARA/Dian Hadiyatna

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono menyatakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia sudah selayaknya memiliki kekuatan laut yang tangguh.

Oleh karena itu, Laksamana Yudo menyatakan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) menjadi salah satu prioritas utama TNI AL

Menurutnya, kemandirian industri pertahanan dalam negeri juga menjadi perhatian, cita-cita, dan kebijakan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan alutsista. 

Hal itu rangka menjaga pertahanan keamanan, serta eksistensi negara dalam menghadapi dinamika politik.

“Pembangunan kekuatan dengan langkah modernisasi alutsista menjadi salah satu program prioritas TNI Angkatan Laut," kata Laksamana Yudo saat melakukan serah terima kapal dan pengukuhan komandan KRI Teluk Palu-523, di Bandar Lampung, Rabu (8/3). 

Menurut Yudo, teknologi alutsista memang bukan hal yang mudah untuk dikuasai. “Karena teknologi alutsista sebagai bagian dari teknologi militer, selalu menjadi penjuru terdepan dari kemajuan teknologi di dunia," ujar dia.

Menurutnya, hal ini tidak sulit untuk dipahami. 

Sebab, teknologi militer berorientasi kepada keunggulan dan kemenangan dari pihak lain. 

KSAL Laksamana Yudo Margono menyatakan modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista) menjadi salah satu prioritas utama TNI AL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News