Laksamana Yudo Resmikan Kesatrian Tawiri untuk Dukung Operasional KRI

Laksamana Yudo Resmikan Kesatrian Tawiri untuk Dukung Operasional KRI
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono meresmikan berdirinya Kesatrian Tawiri yang terletak di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Maluku, Sabtu (19/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, AMBON - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono meresmikan berdirinya Kesatrian Tawiri yang terletak di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Maluku, Sabtu (19/6).

Kesatrian di bawah naungan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon ini disiapkan guna mendukung KRI yang melaksanakan operasi penegakan kedaulatan dan hukum di wilayah Timur Indonesia.

Kesatrian ini memiliki sarana prasaran berupa dermaga untuk fasilitas sandar kapal bertonase besar dan docking kapal perang.

Dermaga Tawiri juga dapat difungsikan untuk mendukung kebutuhan logistik berupa pengisian bahan bakar, air tawar dan kebutuhan lainnya khususnya bagi Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan kapal lain dalam membantu pemerintah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat.

KSAL dalam amanatnya mengatakan peresmian Kesatrian Tawiri adalah salah satu upaya TNI Angkatan Laut untuk menciptakan fasilitas dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi yang difungsikan sebagai pangkalan pendukung bagi KRI, pesawat udara maupun satuan Korps Marinir yang bertugas melaksanakan operasi di wilayah timur.

“Ini merupakan wujud keseriusan TNI Angkatan Laut dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas guna mendukung operasional,” ujar Laksamana Yudo.

Selain meresmikan Kesatrian Tawiri, KSAL juga melaksanakan tatap muka dengan seluruh prajurit dan PNS TNI AL di Mako Lantamal IX Ambon.

Dalam kesempatan tersebut, KSAL menekankan kepada seluruh personel agar selalu mematuhi protokol kesehatan sehubungan dengan melonjaknya pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Kesatrian Tawiri yang berada di bawah naungan Lantamal IX Ambon ini disiapkan guna mendukung KRI yang melaksanakan operasi penegakan kedaulatan dan hukum di wilayah Timur Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News