JPNN.com

Lakukan 8 Hal ini agar Wajah Awet Muda

Kamis, 24 Januari 2019 – 16:44 WIB Lakukan 8 Hal ini agar Wajah Awet Muda - JPNN.com

jpnn.com - Memiliki wajah yang awet muda bisa menambah kepercayaan diri. Itulah sebabnya orang rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli produk perawatan kecantikan yang mengiming-imingi wajah muda berseri.

Bahkan, tampilan wajah yang awet muda diteliti memiliki kaitan dengan angka harapan hidup yang lebih besar. Bagaimana tidak, kulit dapat menjadi cerminan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Perlu Anda ketahui, kondisi kulit sebenarnya bisa menjelaskan kondisi kesehatan seseorang. Sekalipun kelainan yang terjadi terletak pada organ dalam, biasanya kulit menunjukkan kondisi yang berbeda dari kondisi normal.

Contohnya pada orang dengan penyakit diabetes (kencing manis) yang berkaitan dengan produksi hormon insulin di pankreas, kondisi kulitnya akan terlihat kering dan terasa gatal.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan kulit sehat dan awet muda, perlu dilakukan berbagai upaya yang konsisten.

Seluk beluk penuaan

Proses terjadinya penuaan dipengaruhi oleh dua proses yang tidak saling berkaitan. Proses yang pertama bersifat intrinsik (dari dalam tubuh).

Dari pandangan intrinsik, penuaan adalah hal yang tidak mungkin dihindari seiring berjalannya waktu. Secara genetik, usia setiap sel-sel tubuh berbeda, serta pada akhirnya tetap akan mengalami penurunan fungsi (penuaan) dikemudian hari.

Hal ini berkaitan dengan menurunnya kemampuan sel untuk memperbanyak diri, penurunan kapasitas sel untuk memperbaiki DNA yang rusak, serta terjadinya stres oksidatif yang merupakan proses rusaknya sel-sel di dalam tubuh.

Mengenai faktor intrinsik di atas, memang tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan selain mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti, wortel, tomat dan jeruk. Namun, masih ada faktor ekstrinsik yang bisa Anda upayakan.

Faktor ekstrinsik dalam hal penuaan adalah hal-hal yang berasal dari lingkungan luar tubuh manusia, yang dapat mempercepat penuaan. Faktor lingkungan yang sangat memengaruhi penuaan adalah radiasi ultraviolet dan asap rokok.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, Anda bisa mengubah kebiasaan yang merupakan bagian dari faktor ekstrinsik tersebut. Anda bisa mempertahankan kondisi kulit yang awet muda dengan cara mengenakan topi dan menggunakan tabir surya setiap akan beraktivitas di luar ruangan.

Langkah-langkah memiliki wajah awet muda

Proses penuaan memang hal yang sudah pasti akan terjadi. Namun, Anda dapat melakukan berbagai upaya untuk mencegah proses penuaan tersebut datang lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan wajah awet muda:

1. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari setiap hari
Radiasi ultraviolet dapat menembus ke bawah kulit dan menyebabkan kerusakan pada kolagen. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan kulit. Maka, proteksi terhadap sinat matahari merupakan hal yang sangat penting.

Anda dapat melakukannya dengan berlindung di balik payung, menutup dengan topi atau pakaian, serta menggunakan sunscreen yang setidaknya memiliki SPF 30 (atau lebih). Ingat, ulangi pemakaian sunscreenini setiap 2 jam agar kulit Anda tetap terlindung.

2. Berhenti merokok
Merokok sangat mempercepat perubahan kulit menuju proses penuaan. Sebab, kebiasaan merokok memicu timbulnya kerutan serta membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

3. Merawat kulit dengan baik
Apa yang dirawat tentunya akan lebih terjaga dan terpelihara, demikian pula dengan kulit. Sehari-harinya, jangan lupa membersihkan kulit di penghujung hari menggunakan pembersih kulit yang lembut dan tidak mengiritasi.

Selain itu, oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda setiap harinya. Pelembap sangat penting karena dapat menyimpan air di dalam kulit dan mencegah kulit dari kekeringan. Selain itu, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.

Kelembapan kulit yang baik dapat mencegah Anda dari proses penuaan dini. Anda juga dapat merawat kulit dengan menggunakan krim malam yang mengandung antioksidan untuk mendapatkan wajah awet muda.

4. Hindari terlalu sering mengernyitkan wajah
Terlalu sering mengernyit misalnya saat stres atau sedang menyipitkan mata agar dapat melihat lebih jelas, akan mempercepat timbulnya kerutan pada kulit. Untuk itu, sebaiknya periksakan kondisi mata Anda. Bila diperlukan, gunakan kacamata agar dapat melihat lebih jelas.

5. Konsumsi makanan sehat dan seimbang
Konsumsi makanan yang terdiri dari buah dan sayuran segar yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat penuaan dini. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur. Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat mempercepat proses penuaan di kulit.

6. Olahraga teratur
Ketika Anda berolahraga secara teratur, akan terjadi perbaikan pada sirkulasi darah yang juga akan berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Karena memiliki efek yang baik untuk kulit, mulai dari sekarang, mulailah kebiasaan untuk berolahraga secara rutin.

7. Kurangi konsumsi alkohol
Alkohol dapat memberikan efek kekeringan atau dehidrasi pada kulit. Padahal, kulit yang kering mudah rusak dan mengalami penuaan. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi alkohol untuk mencegah penuaan dini.

8. Lindungi kulit dari polusi udara
Polusi udara di jalanan bisa mengandung berbagai macam zat yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Oleh sebab itu, hindari kulit dari paparan zat-zat tersebut untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Selain karena bertambahnya usia, faktor lingkungan ternyata bisa sangat memengaruhi terjadinya penuaan. Maka, perubahan gaya hidup adalah pilar yang utama untuk mencegahnya. Lakukan berbagai langkah di atas, sehingga wajah awet muda bukan lagi impian semata.(NP/ RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...