Lakukan 8 Hal ini agar Wajah Awet Muda

Lakukan 8 Hal ini agar Wajah Awet Muda
Rahasia wajah awet muda. Foto: Istimewa

jpnn.com - Memiliki wajah yang awet muda bisa menambah kepercayaan diri. Itulah sebabnya orang rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membeli produk perawatan kecantikan yang mengiming-imingi wajah muda berseri.

Bahkan, tampilan wajah yang awet muda diteliti memiliki kaitan dengan angka harapan hidup yang lebih besar. Bagaimana tidak, kulit dapat menjadi cerminan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Perlu Anda ketahui, kondisi kulit sebenarnya bisa menjelaskan kondisi kesehatan seseorang. Sekalipun kelainan yang terjadi terletak pada organ dalam, biasanya kulit menunjukkan kondisi yang berbeda dari kondisi normal.

Contohnya pada orang dengan penyakit diabetes (kencing manis) yang berkaitan dengan produksi hormon insulin di pankreas, kondisi kulitnya akan terlihat kering dan terasa gatal.

Oleh sebab itu, untuk mewujudkan kulit sehat dan awet muda, perlu dilakukan berbagai upaya yang konsisten.

Seluk beluk penuaan

Proses terjadinya penuaan dipengaruhi oleh dua proses yang tidak saling berkaitan. Proses yang pertama bersifat intrinsik (dari dalam tubuh).

Dari pandangan intrinsik, penuaan adalah hal yang tidak mungkin dihindari seiring berjalannya waktu. Secara genetik, usia setiap sel-sel tubuh berbeda, serta pada akhirnya tetap akan mengalami penurunan fungsi (penuaan) dikemudian hari.

Hal ini berkaitan dengan menurunnya kemampuan sel untuk memperbanyak diri, penurunan kapasitas sel untuk memperbaiki DNA yang rusak, serta terjadinya stres oksidatif yang merupakan proses rusaknya sel-sel di dalam tubuh.

Kondisi kulit sebenarnya bisa menjelaskan kondisi kesehatan seseorang. Sekalipun kelainan yang terjadi terletak pada organ dalam, biasanya kulit menunjukkan kondisi yang berbeda dari kondisi normal.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News