LAN Bersama 4 Kabupaten Lahirkan 261 Inovasi Sistem Pelayanan Publik

LAN Bersama 4 Kabupaten Lahirkan 261 Inovasi Sistem Pelayanan Publik
Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si. menyatakan pemerintah selalu mencari inovasi dalam pelayanan publik. Foto: LAN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) bersama empat kabupaten di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) melahirkan 261 inovasi.

Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si. menyatakan Indonesia dan dunia sedang dihadapkan dengan situasi yang tidak pasti dan kompleks atau VUCA ( Volatility, Uncertainly, Complexity, Ambiguity).

Menurut dia, VUCA menuntut pemerintah lebih berinovasi, sehingga dapat memberikan sistem pelayanan publik yang agile kepada masyarakat.

Adi menyebut berbagai upaya akselerasi inovasi diupayakan untuk melayani masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

"Terkait itu, menyelenggarakan Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi (Labinov) 2021 yang memprioritaskan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah sebagai bentuk terjemahan Nawacita Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran," ujar dia.

Adi menyebut total sejumlah 261 ide inovasi telah dilahirkan dari kegiatan Labinov yang diselenggarakan di 4 lokus: Kabupaten Kepulauan Tanimbar Maluku, Kabupaten Lombok Utara NTB, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah dan Kabupaten Sorong Papua Barat.

"Lahirnya 261 ide inovasi ini merupakan bentuk kolaborasi antara LAN dan pemda untuk mengakselerasi inovasi untuk mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam proses penyelenggaran pemerintahan," beber Adi.

Adapun Rangkaian kegiatan Labinov di 4 lokus telah dimulai sejak Maret hingga November 2021 dengan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan, baik secara klasikal dan virtual.

LAN bersama empat kabupaten di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) melahirkan 261 inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News