Lanal Sabang Gelar Patroli untuk Tertibkan Pelayaran di Laut

Lanal Sabang Gelar Patroli untuk Tertibkan Pelayaran di Laut
Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Lampulo, Lanal Sabang, Pelda Nav Edi Siswanot saat patroli laut bersama unsur maritim di Kota Banda Aceh dan Polairud Aceh. Foto: Dispen Koarmada I

jpnn.com, SABANG - Dalam rangka menertibkan pelayaran di laut, Lanal Sabang bekerja sama dengan Unsur Maritim Kota Banda Aceh dan Polairud Polda Aceh melakukan patroli yang dipusatkan di Posal Lampulo Banda Aceh, akhir pekan lalu.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto melalui Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Lampulo Pelda Nav Edi Siswanot mengatakan pelaksanaan patroli yang diberi nama Giat Patroli Terpadu di wilayah Perairan Selat Benggala, Perairan Pulau Aceh dan Perairan Sabang untuk menertibkan keamanan bagi pelaut, katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut diprakarsai Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi Aceh. Kegiatan itu untuk sosialisasi dan penertiban tentang dokumen kapal, crew list, alat keselamatan awak kapal dan sosialisasi larangan pengeboman ikan dengan potasium dan ilegal fishing.

Selain itu, juga sebagai pengawasan sumber daya perikanan khususnya ekosistem terumbu karang.

Kegiatan ini melibatkan unsur patroli terpadu di antaranya DKP Provinsi Aceh/PPNS, PSDKP Lampulo, Posal Lampulo dan Polairud Aceh. Pelaksanaan Patroli Terpadu yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Ibu Cut Yusminar. Patroli tersebut rutin dilakukan sebagai wujud sinergitas antara instansi di bidang maritim demi menjamin keamanan para nelayan mencari ikan dan menjaga ekosistem laut tetap terpelihara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Cut Yusminar menambahkan kegiatan patroli laut perlu terus dilakukan untuk memberi keamanan sekaligus ketertiban bagi pelaut. Dengan dilakukan kegiatan patroli secara terpadu, masyarakat nelayan akan terjaga keselamatan dan ketertiban dalam administrasi serta dokumen, izin berlayar sesuai Undang-undang yang berlaku.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak TNI AL dalam hal ini Lanal Sabang, yang telah melakukan berbagai upaya dalam rangka menjaga keamanan di laut,” ucapnya.(fri/jpnn)


Untuk menertibkan pelayaran di laut, Lanal Sabang bekerja sama dengan Unsur Maritim Kota Banda Aceh dan Polairud Polda Aceh melakukan patroli bersama di laut.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News