Langkah Berani Gubernur Sugianto Sabran Tuai Pujian

Langkah Berani Gubernur Sugianto Sabran Tuai Pujian
Sugianto Sabran (tengah). Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Langkah berani Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melakukan sidak dan penahanan sebuah tongkang bermuatan batu bara di Barito Selatan (Barsel), mendapat apresiasi DPRD setempat.

Meski akhirnya dilepas karena ternyata dokumen lengkap namun tetap saja hal tersebut merupakan sebuah keberanian.

“Sidak gubernur itu baik. Artinya gubernur tidak hanya percaya saja ke bawahannya yang melaporkan bagaimana izin-izin tongkang tersebut membawa hasil bumi Kalteng. Saat itu kebetulan dia ketemu dengan tongkang yang membawa batu bara dan wajar menanyakan surat menyuratnya,” tutur Wakil Ketua Komisi B DPRD Kalteng HM Asera, seperti diberitakan Kalteng Post (Jawa Pos Group).

Dikatakan, apa yang dilakukan gubernur tersebut baik dan sah saja sebab tujuannya agar jangan sampai ada yang bermain di tingkat bawah.

Walau ada saber pungli tapi tetap saja sidak sebagai tindakan gubernur menjaga daerah dari lepasnya PAD untuk Bumi Tambun Bungai, merupakan sesuatu hal yang dibolehkan.

“Itu juga untuk menjaga agar PAD Kalteng agar tidak bocor. Untuk itu Memang sepantasnya pengiriman batu bara pengawasannya diperketat lagi,” tegas politikus Senior PKB ini.

Memperketat pengawasan dan izin itu sangat perlu bahkan wajib. Sebab jangan sampai Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diuntungkan dari hasil bumi Kalteng. Karena Sungai Barito sebagai jalur pengangkutan batu bara ujungnya berada di Kalsel.

“Justru itu, aturan daerah untuk retribusi bertalian dengan peningkatan PAD harus ditegakkan sebaik-baiknya. Jadi kita salut kepada gubernur kita ini,” terang wakil rakyat dari Dapil V ini. (uni/uyi)

Langkah berani Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melakukan sidak dan penahanan sebuah tongkang bermuatan batu bara di Barito Selatan (Barsel), mendapat


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News