Langkah Penting Mengurangi Terkena Paparan Polusi Udara, Begini

Langkah Penting Mengurangi Terkena Paparan Polusi Udara, Begini
Ilustrasi polusi udara di DKI Jakarta. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat, terutama di kawasan perkotaan dan daerah industri penting menerapkan sejumlah langkah untuk mengurangi terkena paparan polusi udara.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, di antaranya mengurangi aktivitas di luar ruangan saat kualitas udara tidak sehat.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto, udara tak sehat memiliki air quality index lebih dari 150.

Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Rujukan Respirasi Nasional Persahabatan ini juga menyarankan menghindari beraktivitas fisik berat termasuk berolahraga apabila berada di luar ruangan.

"Apabila beraktivitas di luar ruangan, hindari kawasan atau area polusi udara," kata dia dalam sebuah acara daring dikutip Senin (18/10).

Kalaupun harus keluar, sebaiknya memantau kualitas udara. Kemudian, menggunakan masker atau respirator untuk mengurangi masuknya partikel ke dalam saluran napas dan paru.

Terlebih pada masa pandemi COVID-19 saat ini, disarankan rutin mengganti masker setidaknya empat jam sekali.

Masker juga sebaiknya diganti saat dalam kondisi basah dan menimbulkan rasa tak nyaman sekaligus menjaga efektivitas masker dalam melindungi diri dari paparan virus corona.

Ada sejumlah langkah penting yang dapat dilakukan untuk mengurangi terkena paparan polusi udara, begini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News