Lanjutkan Kedai Kreatif Susu Kental Manis, FFI Targetkan Jangkau 1.000 UMKM Perempuan

Lanjutkan Kedai Kreatif Susu Kental Manis, FFI Targetkan Jangkau 1.000 UMKM Perempuan
Peluncuran Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag 2023 secara daring, Selasa (15/8). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) melanjutkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis "Kekuatan untuk Menang" bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia pada 2023.

Program itu dilanjutkan bersama Komunitas Ibu Profesional dengan jangkauan peserta yang lebih banyak dan area lebih luas.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro mengatakan pihaknya berkomitmen melakukan penguatan pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM perempuan, agar tumbuh dan berkembang, menjadi usaha yang menguntungkan dan meningkatkan perekonomian keluarga.

"Kami senang sekali melihat antusias para pelaku UMKM perempuan dalam program ini tahun lalu, sehingga tahun ini kami memperbanyak jumlah peserta dan memperluas cakupan area agar lebih banyak ibu yang memiliki ‘kekuatan untuk menang’ dengan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam bisnis kuliner," kata Andrew dalam acara peluncuran Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag 2023 secara daring, Selasa (15/8).

Adapun program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag merupakan program dukungan UMKM untuk mewadahi dan memfasilitasi ibu-ibu pelaku UMKM guna meningkatkan kapasitas diri dan bisnisnya melalui pelatihan pemasaran, keamanan pangan, kreasi resep, food photography, sampai dengan penggunaan platform online.

Pada 2023, program tersebut bakal menjangkau 650 pelaku UMKM anggota program Dapur Ibu Bersama yang diinisiasi oleh komunitas Ibu Profesional. 

Mereka akan mendapatkan pelatihan umum berupa strategi pemasaran, keamanan pangan, dan kreasi resep.

Pada tahun ini, selain Jabodetabek dan Banten, jangkauan area program itu diperluas menjadi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, NTT, dan NTB. Pendaftaran peserta akan dibuka mulai pada Agustus 2023.

"Secara total hingga akhir tahun 2023, FFI menargetkan untuk menjangkau 1.000 UMKM perempuan yang bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Komunitas Ibu Professional," ujar

Founder Ibu Profesional Septi Peni Wulandani mengapresiasi dan menyambut positif kelanjutan kerja sama dengan Frisian Flag Indonesia dalam program tersebut.

"Melalui program ini para peserta dapat mengembangkan produk-produk yang tidak hanya inovatif dan lezat dengan bahan dasar susu kental manis, tetapi juga produk-produk berbasis susu lainnya berkualitas tinggi dan dikembangkan atas dasar pemahaman akan keamanan pangan yang kuat," ujar Septi.

Ketua Tim Standarisasi dan Pengkajian Bahan Tambahan Pangan, Bahan Penolong, Kemasan, Cemaran, dan Cara Ritel Pangan yang Baik BPOM RI Deksa Presiana pun juga turut mengapresiasi Frisian Flag yang ikut memajukan UMKM di Indonesia.

"Kontribusi ini menunjukkan yang kuat dalam mendukung upaya pengawasan dan peningkatan kualitas produk. Melalui produk Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag, kami berharap akan menjadi langkah penting dan signifikan dalam mendukung daya saing UMKM di sektor kuliner," ujar Deksa. (cr1/jpnn)


PT Frisian Flag Indonesia melanjutkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis. Simak ulasannya.


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News