Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN

Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN
Ketua MPR Bambang Soesatyo melantik anggota MPR RI pergantian antar-waktu (PAW) Bimantoro Wiyono di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/1). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo  menekankan dalam menghadapi globalisasi serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bangsa ini sangat memerlukan adanya satu pedoman atau arah yang menjamin keberlangsungan visi dan misi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945).

Karena itu, kata Bamsoet, gagasan menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) sebagaimana direkomendasikan MPR RI 2014-2019, perlu diwujudkan pada masa jabatan MPR RI 2019-2024.

Menurutnya, keberadaan PPHN juga untuk memastikan adanya pedoman atau arah yang jelas dalam perencanaan, penyusunan, pengambilan keputusan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan nasional di segala bidang kehidupan.

"Baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, maupun mental dan spiritual. Sehingga menjamin sinergitas, integrasi, dan keberlanjutan pembangunan pusat dan daerah yang tidak bergantung pada momen elektoral," kata dia.

Bamsoet mengatakan itu saat melantik anggota MPR RI pergantian antar-waktu (PAW) Bimantoro Wiyono di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/1). Bimantoro dilantik menggantikan anggota MPR Fraksi Partai Gerindra Soepriyatno dari Dapil VIII Jawa Timur.

Ketua ke-20 DPR RI ini menjelaskan, tekad mewujudkan gagasan menghadirkan PPHN sangat penting, mengingat pada 2024 bangsa Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) dan pilkada serentak. 

Ia berujar calon yang akan mengikuti pemilu dan pilkada serentak akan menyusun visi, misi, dan program pembangunan sesuai dengan PPHN.

Gagasan menghadirkan Pokok-Pokok Haluan Negara perlu diwujudkan di masa jabatan MPR 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News