LaNyalla Ungkap Kondisi Guru PAUD di Masa Pandemi, Kasihan...

LaNyalla Ungkap Kondisi Guru PAUD di Masa Pandemi, Kasihan...
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah turun tangan untuk melindungi hak dan profesi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurutnya, guru PAUD merupakan kelompok yang paling terdampak pandemi Covid-19.

"Guru PAUD merupakan perpanjangan tangan pengasuhan anak usia dini yang menggantikan peran ibu di rumah. Perannya tidak kecil," tegas LaNyalla.

Dikatakannya, berbagai keterbatasan model mengajar PAUD melalui daring menyebabkan guru PAUD menjadi kelompok paling rentan.

Kendala yang dihadapi salah satunya kesulitan menerjemahkan pembelajaran anak usia dini yang sifatnya sangat psikomotorik.

"Hal itu membuat sekolah-sekolah PAUD menonaktifkan bahkan memecat gurunya, terutama PAUD yang dikelola masyarakat dan swasta," terang LaNyalla.

Apalagi fakta lapangan gaji guru PAUD jauh dari standar UMR, bahkan banyak yang melakukannya secara sukarela tanpa ada tunjangan profesionalitas yang jelas.

"Dengan banyaknya PAUD yang tidak dapat beroperasi pada masa pandemi ini membuat guru PAUD menjadi kelompok rentan yang kehilangan pekerjaan," ujar LaNyalla.

LaNyalla menyampaikan fakta yang dialami para guru PAUD di masa pandemi Covid-19, pemerintah tolong perhatikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News