Latihan SAR untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Personel

Latihan SAR untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Personel
Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro membuka acara Latihan SAR bagi para Prajurit Lantamal XII Pontianak di Mako Lantamal XII Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Foto: Dispen Koarmabar

jpnn.com, PONTIANAK - Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Kolonel Laut (P) Joko Sumitro mewakili Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi membuka acara Latihan SAR bagi para Prajurit Lantamal XII Pontianak di Gedung Malahayati Markas Lantamal XII Jalan Kom. Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (19/9).

Danlantamal XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi dalam sambutan tertulis menyampaikan bahwa pelaksanaan Latihan SAR adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur Lantamal XII. Juga mengukur kemampuan dalam tugas pencarian, penyelamatan dan pertolongan guna mengurangi atau memperkecil dampak kerugian kecelakaan di laut, baik personel maupun material.

Selain itu juga untuk mengukur tingkat kemampuan personel dan unsur-unsur Lantamal XII dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut sehingga dapat di peroleh gambaran kemampuan operasional Lantamal XII mulai dari tingkat perorangan sampai satuan.

Danlantamal XII Pontianak menekankan kepada para peserta agar menjalani latihan dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh.

Ia juga mengingatkan untuk menjadikan latihan ini sebagai ajang meningkatkan profesionalisme khususnya di bidang SAR sesuai dengan ketentuan dan perencanaan yang telah ditentukan agar mampu melaksanakan tugas SAR dimulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengendalian penanggulangan kecelakaan di laut sesuai tugas pokok yang menjadi tanggung jawab satuan.

Brigjen Joko berharap agar para peserta latihan SAR ini mampu melaksanakan semua kegiatan beserta persoalan latihan untuk dapat di lakasanakan dengan baik, sesuai dengan Standard Operasional Procedur (SOP) guna tercapainya hasil latihan yang maksimal dengan zero accident.

Latihan SAR di laut kali ini melibatkan instruktur dan pelatih dari Badan SAR Daerah Kalimantan Barat agar terjalin komunikasi dan kerja sama tentang penanggulangan bahaya kecelakaan di laut.

Turut hadir pada acara pembukaan Latihan SAR tersebut, para Asisten Danlantamal XII Pontianak, para Kadis/Kasatker jajaran Lantamal XII Pontianak dan para pelatih Basarda Kalimantan Barat.(fri/jpnn)


Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro membuka acara Latihan SAR bagi para Prajurit Lantamal XII Pontianak di Mako Lantamal XII Kota Pontianak, Kalbar


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News