Latihan Teknik Dasar Sepak Bola ala Indra Sjafri dan Athalla Araihan

Latihan Teknik Dasar Sepak Bola ala Indra Sjafri dan Athalla Araihan
Ini foto Indra Sjafri di video teknik dasar sepak bola. Foto: capture video ayo olahraga

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi kenormalan baru di masa pandemi COVID-19 menuntut masyarakat beradaptasi dengan keadaan saat ini. Termasuk para atlet maupun pegiat sepak bola Tanah Air.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berupaya membuat terobosan dalam situasi ini. Salah satunya dengan membuat program Workout at Home (WAH), yang merupakan sarana latihan olahraga secara mandiri.

Kali ini, latihan tersebut difokuskan kepada cabang olahraga sepak bola. Di mana Kemenpora memberikan video tutorial latihan teknik dasar sepak bola yang dipandu Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan pemain Timnas U-16 Ahtallah Araihan.

Menu latihan dasar sepak bola tersebut cukup beragam. Mulai dari latihan dribbling, passing, serta teknik penguasaan bola dan fisik. Latihan ini pun dibuat agar bisa dilakukan di rumah, tanpa harus menyambangi lapangan sepak bola.

"Sekarang kami masuk ke kehidupan new normal. Cara baru, adaptasi baru, untuk itu kami harus bisa menyesuaikan keadaan. Kali ini kami akan memberikan panduan berlatih untuk para pemain sepak bola, khususnya usia 12 dan 16 tahun," kata Indra Sjafri.

Latihan ini bisa diawali dengan pemanasan atau warming up sekitar 5-10 menit. Lakukan peregangan otot kaki dengan beberapa gerakan kombinasi yang bisa direpetisi minimal dua set.

Setelah pemanasan, masuk ke latihan inti sepak bola yang diawali dengan latihan dribbling. Latihan ini bisa dilakukan dengan beberapa gerakan kombinasi dribbling dengan lima kali repetisi setiap post dan dibuat dua set.

Latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dribbling anak, baik dari pengenaan bola dan perubahan kecepatan di saat melakukan dribbling.

Kondisi kenormalan baru di masa pandemi COVID-19 menuntut masyarakat beradaptasi dengan keadaan saat ini. Termasuk para atlet maupun pegiat sepak bola Tanah Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News