Launching Buku Rahmat Shah, Bamsoet Ajak Masyarakat Terlibat Aktif dalam Pelestarian Satwa

Launching Buku Rahmat Shah, Bamsoet Ajak Masyarakat Terlibat Aktif dalam Pelestarian Satwa
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat peluncuran buku Rahmat Shah, 'Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah' dan 'Kanker Prostat Bukan Vonis Mati', di Jakarta, Senin (1/2/21). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan di antara sekian banyak karakter dan kepribadian Rahmat Shah, salah satu yang paling menonjol adalah sifat kedermawanannya.

Karena itu, Bamsoet tidak heran Rahmat Shah sampai dianugerahi Bintang Mahaputra Naraya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 Agustus 2020.

"Kedua buku tentang dirinya, 'Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah' dan 'Kanker Prostat Bukan Vonis Mati' merupakan bagian dari kedermawanannya membagikan pengalaman dan mewariskan kisah inspiratif dalam perjalanan hidupnya. Melalui buku 'Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah' kita bisa belajar menghadapi pahit-getir hingga asam-manis realita kehidupan," ujar Bamsoet dalam peluncuran buku Rahmat Shah, 'Perjuangan, Pengabdian, Pemikiran Rahmat Shah' dan 'Kanker Prostat Bukan Vonis Mati', di Jakarta, Senin (1/2/21).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Syarif Hasan, Wakil Ketua DPD RI Sultan Najamuddin, anggota DPR RI Robert Kardinal, Duta Besar Turki, Duta Besar Palestina dan Raline Shah yang merupakan putri dari Rahmat Shah.

Ketua ke-20 DPR RI dan ini menuturkan buku 'Kanker Prostat Bukan Vonis Mati', tidak saja menggambarkan kegigihan perjuangan Rahmat Shah melawan penyakit kronis, melainkan merefleksikan kedalaman sisi mental-spiritualitasnya.

"Bahwa dalam masa-masa tersulitnya Rahmat Shah tidak kehilangan kendali dan akal sehat untuk tetap teguh pendirian. Tidak berpaling, dan percaya pada kuasa Ilahi," kata mantan ketua Komisi III DPR itu.

Ia menjelaskan kedermawanan Rahmat Shah merupakan refleksi dari karakter cinta kasih yang melekat pada pribadinya.

Selain termanifestasikan kepada sesama anak bangsa, juga terhadap makhluk hidup lainnya, hingga bermuara pada keputusannya menerima amanat sebagai ketua umum Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI).

Bamsoet mengagumi kedermawanan Rahmat Shah. Karena itu, dia tidak heran Rahmat Shah sampai dianugerahi Bintang Mahaputra Naraya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 13 Agustus 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News