Layanan Publik Buruk, Seluruh Instansi Dievaluasi

Layanan Publik Buruk, Seluruh Instansi Dievaluasi
Layanan Publik Buruk, Seluruh Instansi Dievaluasi

jpnn.com - JAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan melakukan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik. Pasalnya masih banyak penyelenggaraan pelayanan publik yang kurang optimal.

Padahal dalam Nawa Cita yang diluncurkan Presiden Joko Widodo, pelayanan publik merupakan wujud kehadiran negara di tengah masyarakat. Sejalan dengan amanat UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan instansi pemerintah.

“Layanan publik masih banyak yang buruk. Beberapa kali saya ikut Pak Menteri sidak, banyak pelayanan publik yang perlu diperbaiki. Pak Menteri datang, dan disambut dengan komplain pengunjung,” ujar Deputi Layanan Publik KemenPAN-RB Mirawati Sudjono dalam rapat koordinasi dengan sejumlah instansi penyelenggara pelayanan publik di Jakarta, Rabu (29/7).

Mirawati menjelaskan,  tujuan diadakannya evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik ini untuk melihat sejauh mana pelayanan  yang diberikan kepada publik oleh instansi pemerintah, termasuk BUMN yang terdapat di kabupaten/kota di Indonesia.  

Adapun indikator evaluasi ini, antara lain standar pelayanan, maklumat pelayanan, survei kepuasan masyarakat, dan pengelolaan pengaduan.

Dengan adanya evaluasi ini, Mirawati berharap pelayanan publik di Indonesia dapat lebih baik lagi. “Tahun ini adalah tahun pelayanan publik, mari kita tingkatkan bersama kualitas pelayanan publik,” tegasnya.‎ (esy/jpnn)
    

 


JAKARTA – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kementerian Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News