Layari Pasifik dengan Kapal Plastik

Layari Pasifik dengan Kapal Plastik
David de Rothschild berposes dengan latar belakang Plastiki. Foto : REUTERS
SAN FRANCISCO - Ada banyak cara untuk menyadarkan warga dunia akan pentingnya penyelamatan lingkungan. Salah satunya dengan melayari Samudera Pasifik menggunakan kapal yang terbuat dari botol plastik.

Itulah yang dilakukan sejumlah aktivis lingkungan yang dimotori bankir sekaligus terkenal Amerika Serikat (AS), David De Rotschild. Seperti dilansir BBC, kapal bernama Plastiki yang terbuat dari 12 ribu botol plastik tersebut berangkat dari San Francisco, AS, dini hari kemarin (21/3) WIB dengan tujuan Sydney, Australia.

Tak disebutkan kapan mereka ditargetkan sampai di Sydney. Jarak San Francisco-Sydney adalah 11 ribu mil laut. Dan, beberapa jam setelah angkat sauh, De Rotschild langsung menulis di akun Twitter-nya kalau perjalanan sejauh itu berlangsung lancar. "Kami berlayar dengan kecepatan 2 knot. Perjalanan kami masih sangat panjang," tulis De Rothschild, seperti dikutip BBC.

Dalam wawancaranya dengan BBC di awal bulan ini, De Rothschild mengatakan, tujuan pelayaran dengan ini adalah agar dunia sadar betapa bahayanya sampah plastik. "Ini masalah yang harus kita selesaikan bersama," kata petualang yang sudah pernah menggapai Kutub Utara dan Selatan itu.

SAN FRANCISCO - Ada banyak cara untuk menyadarkan warga dunia akan pentingnya penyelamatan lingkungan. Salah satunya dengan melayari Samudera Pasifik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News