Lebaran 3 Bulan Lagi, Tanah Abang Sudah Diserbu Pembeli

Lebaran 3 Bulan Lagi, Tanah Abang Sudah Diserbu Pembeli
Suasana di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/4). Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Lebaran Idul Fitri masih tiga bulan lagi, namun Pasar Tanah Abang mulai ramai. Tidak hanya warga Jabodetabek‎, dari luar daerah pun banyak. Umumnya mereka membeli bahan sandang untuk dijual‎ kembali di daerahnya.

Seperti pengakuan Levi, warga Pontianak yang sengaja membeli kebutuhan puasa dan lebaran, seperti mukena, sajadah, kopiah, gamis, baju tak‎wa, dan sarung untuk dijual di daerahnya.

Levi yang punya toko busana muslim di Pontianak ini, mengaku hampir setiap bulan datang ke Jakarta untuk belanja barang dagangan.

"Kalau di Pontianak, baju muslim mahal. Meski malah, kalau puasa dan lebaran pasti datang ke toko saya. Karena barang dagangan saya selalu update," aku perempuan berjilbab ini yang ditemui di Blok B Tanah Abang, Selasa (12/4).

Lain lagi dengan Linda, warga Serang Banten. Perempuan berusia sekitar 40-an tahun ini mengaku sengaja pinjam uang di koperasi sebagai modal usaha. Dia membeli baju gamis, pasmina, mukena, dan baju takwa.

"Kalau dagangan saya, saya kreditkan. Di Banten, mahal-mahal bajunya. Tiap model saya ambil tiga baju biar mereka banyak pilihan," ujarnya.

Untuk sampai ke Jakarta, Linda menumpang kereta api yang adanya hanya pagi dan sore. Usaha kecil-kecilan ini sudah dilakukan Linda sekitar lima tahunan. Hanya saja dia berdagang di musim puasa dan lebaran.

"Biasanya puasa dan lebaran, orang-orang beli pakaian ke saya. Kalau kredit biasanya saya tambahin harganya karena uang saya kan tertahan beberapa bulan‎," tuturnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News