Lebih 6 Juta Pohon Ditanam Lewat Program Hutan Pertamina, Ini Daerah Sebarannya

Lebih 6 Juta Pohon Ditanam Lewat Program Hutan Pertamina, Ini Daerah Sebarannya
Sebanyak lebih 6 juta pohon yang ditanam dalam Program Hutan Pertamina mendukung pemerintah dalam hal pelestarian lingkungan dan menyerap emisi karbon. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak lebih 6 juta pohon yang ditanam dalam Program Hutan Pertamina mendukung pemerintah dalam hal pelestarian lingkungan dan menyerap emisi karbon.

Penanaman jutaan pohon tersebut dijalankan dalam 267 program penanaman di seluruh wilayah operasi perusahaan dengan luasan mencapai 629 hektare, terdiri dari 433 hektare mangrove dan 196 hektare pohon daratan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan program konservasi dan reforestasi hutan dengan penanaman pohon mangrove dan daratan sebagai komitmen Pertamina pada implementasi ESG (Environmental, Social, Governance).

Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), #13, #14, dan #15 serta target pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

“Mangrove dan pohon daratan memiliki peran besar sebagai penyerap dan penyimpan karbon sekaligus memiliki fungsi untuk mencegah abrasi laut dan mengurangi dampak bencana gelombang tsunami,” ujar Fadjar dalam keterangannya, Rabu (7/2).

Fadjar menyebut pada periode 2018-2023, Pertamina telah menanam 3,2 juta pohon mangrove yang tersebar di Sumatera (269.504), Kalimantan (2,07 juta), Jawa (298.530), Sulawesi (33.333), Bali, NTT & NTB (211.334) dan Maluku-Papua (288.111).

Program Hutan Pertamina, imbuh Fadjar, selain memberikan manfaat dalam pengurangan emisi juga telah memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Sebanyak 4.783 penerima manfaat telah merasakan dampak ekonominya dengan pendapatan kelompok mencapai Rp 1,8 miliar per tahun.

Lewat Program Hutan Pertamina yang tersebar di sejumlah daerah telah ditanam lebih 6 juta pohon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News