JPNN.com

Lebih dari 100 Juta Serangan Siber ke Perangkat Pintar

Selasa, 22 Oktober 2019 – 03:00 WIB Lebih dari 100 Juta Serangan Siber ke Perangkat Pintar - JPNN.com

jpnn.com - Kaspersky honeypots mendeteksi sebanyak 105 juta serangan pada perangkat yang terhubung ke Internet (Internet of Things/IoT), yang berasal dari 276.000 alamat IP unik dalam paruh pertama 2019.

Kaspersky menyebutkan pelaku kejahatan siber mengintensifkan upaya mereka dalam membuat dan monetisasi bot IoT dengan memanfaatkan kelemahan keamanan produk IoT,

Angka itu sembilan kali lebih banyak dari jumlah yang ditemukan pada enam bulan pertama 2018, di mana hanya sekitar 12 juta serangan yang terlihat berasal dari 69.000 alamat IP.

Pelaku kejahatan siber menggunakan jaringan perangkat pintar yang terinfeksi untuk melakukan serangan DDoS atau sebagai proxy untuk jenis aksi berbahaya lainnya.

Untuk mempelajari serangan tersebut bekerja dan bagaimana pencegahannya, para ahli Kaspersky menciptakan honeypots sebagai perangkat umpan yang digunakan untuk menarik perhatian para pelaku kejahatan siber dan menganalisis aktivitas mereka.

Berdasarkan analisis data yang dikumpulkan dari honeypots, serangan pada perangkat IoT biasanya tidak begitu canggih, tetapi pengguna mungkin tidak menyadari perangkat mereka sedang dieksploitasi.

Keluarga malware di balik sejumlah 39 persen serangan itu adalah Mirai. Mirai mampu menggunakan eksploit, yang berarti bahwa botnet itu dapat lolos melewati kerentanan lama ke perangkat dan mengendalikannya.

Teknik lainnya adalah pemaksaan kata sandi, yang merupakan metode terpilih dari keluarga malware yang paling banyak tersebar di urutan kedua, yaitu Nyadrop.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...