Lebih Tiga Ribu Tewas di Sudan Selatan

Lebih Tiga Ribu Tewas di Sudan Selatan
Lebih Tiga Ribu Tewas di Sudan Selatan
JUBA-Kekerasan etnis di Sudan Selatan masih saja terjadi. Informasi resmi kemarin (6/1) menyatakan bahwa lebih dari 3 ribu orang tewas akibat pembantaian masal di negara baru pecahan Sudan tersebut pekan lalu. Pemerintah setempat menyebut kekerasan etnis di negara yang baru terbentuk itu juga memaksa puluhan ribu warga mengungsi.

"Memang telah terjadi pembantaian secara masal," kata Joshua Konyi, komisioner Wilayah Pibor di Negara Bagian Jonglei, kemarin. "Kami sudah menghitung jenazah para korban. Berdasar kalkulasi, jenazah pembantaian terdiri dari 2.182 perempuan dan anak-anak, serta 959 laki-laki," tambahnya.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan tentara Sudan Selatan juga sudah mengonfirmasi jumlah korban tersebut. Tetapi, klaim dari sejumlah wilayah pedalaman sejauh ini belum dapat diverifikasi secara independen.

Jika laporan tersebut benar, pembunuhan terhadap ribuan orang itu akan menjadi kekerasan etnis terburuk di negeri seumur jagung tersebut. Sudan Selatan berpisah dari Sudan (utara) pada Juli tahun lalu melalui referendum.

JUBA-Kekerasan etnis di Sudan Selatan masih saja terjadi. Informasi resmi kemarin (6/1) menyatakan bahwa lebih dari 3 ribu orang tewas akibat pembantaian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News