Lee Chong Wei Bisa Habis

Lee Chong Wei Bisa Habis
Lee Chong Wei Bisa Habis

jpnn.com - JAKARTA - Di penghujung karirnya pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei malah menemui tragedi.

Setelah gagal melalui tes doping di kejuaraan dunia Agustus lalu, kemarin (8/11) di Kuala Lumpur hasil pemeriksaan sampel B Chong Wei di Oslo Swedia pada Kamis (6/11) lalu dinyatakan positif mengandung dexamethasone.

Seperti diberitakan The Guardian kemarin Deputi Chairman BAM Mohamad Norza Zakaria menolak menyebutkan nama Chong Wei dalam konferensi pres tersebut.

Hanya Norza menuturkan sampel B salah satu atlet Malaysia dibawa ke Oslo untuk diperiksa dan hasilnya positif terdapat zat terlarang.

"Pemain ini adalah salah satu olahragawan paling berdedikasi untuk negeri dan sosok individu yang luar biasa. Kami percaya pemain ini tak akan menempuh jalan pintas untuk menuju kesuksesan," kata Norza.

Norza pun mengklaim jika tak seharusnya dexamethasone masuk dalam zat yang dilarang WADA atau Badan Anti Doping Dunia. Sebab, dexamethasone tak mengandung unsur peningkatan performa secara langsung, berpotensi berdampak kepada kesehatan atlet, dan mencederai sportifitas.

Dexamethasone yang ditemukan dalam sampel darah dan urine Chong Wei ini termasuk jenis kortikosteroid. Zat tersebut berfungsi untuk pereda nyeri serta radang atau penurun panas yang dilarang oleh WADA.

Beberapa pihak berpendapat masuknya dexamethasone ke dalam tubuh Chong Wei terjadi pemain berusia 33 tahun itu pemulihan masa cedera Juli lalu. Chong Wei memang harus menjalani stem cell guna menyembuhkan cedera di pahanya.

JAKARTA - Di penghujung karirnya pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei malah menemui tragedi. Setelah gagal melalui tes doping di kejuaraan dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News