Legislator PDIP Dukung Keputusan Pemindahan Lokasi Depot Pertamina Plumpang

Legislator PDIP Dukung Keputusan Pemindahan Lokasi Depot Pertamina Plumpang
Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus mendukung keputusan Menteri BUMN Erick Thohir untuk merelokasi unit TBBM Plumpang ke area reklamasi milik PT. Pelindo.

Menurut Deddy, dirinya sudah mendiskusikan rencana itu dengan Erick dan mengusulkan relokasi Depot Plumpang kepada jajaran direksi Pertamina sejak dua tahun lalu dalam beberapa kesempatan rapat di DPR.

“Saya mengusulkan hal itu sejak terjadinya insiden kebakaran di kilang Indramayu pada Maret 2021 yang lalu. Dari berbagai rapat itu saya mendapat data tentang kondisi kerentanan kilang dan TBBM milik Pertamina di berbagai daerah. Jadi, Plumpang itu hanya salah satu lokasi dan memang yang paling rentan dibanding lokasi lainnya,” kata Deddy dalam keterangannya, Selasa (7/3).

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, depot raksasa Pertamina di kawasan Jakarta Utara itu menang dikepung oleh pemukiman ilegal yang justru sangat membahayakan keselamatan rakyat itu sendiri.

Deddy menilai Pertamina sebenarnya memiliki standar prosedur yang mengatur keberadaan kilang dan TBBM. Namun, banyak orang yang menduduki lahan milik Pertamina tersebut tanpa memperdulikan kerentanan batau resiko yang mereka hadapi. Hingga akhirnya terjadi insiden besar yang menyebabkan korban jiwa serta harta benda bagi masyarakat.

Menurut data, kata Deddy, lahan milik Pertamina di kawasan itu dibeli pada 1971 seluas 153,4 hektare dan terbagi di lima lokasi. Tetapi kondisi saat ini, Pertamina hanya menguasai area seluas seluas 71,9 hektare dan sisanya seluas 81,6 hektare diduduki oleh masyarakat secara ilegal.

Pemukiman warga yang saat ini mengepung instalasi dengan kerentanan tinggi itulah yang kemudian menyebabkan bencana saat terjadi insiden beberapa waktu lalu.

Politikus kelahiran Pematangsiantar itu menilai baik apabila Pertamina merelokasi TBBM milik mereka.

Menurut Deddy Yevri, depot raksasa Pertamina di kawasan Jakarta Utara itu menang dikepung pemukiman ilegal yang justru sangat membahayakan keselamatan rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News