Leleeeett! Pembangunan Smelter Freeport Jalan di Tempat

Leleeeett! Pembangunan Smelter Freeport Jalan di Tempat
Freeport. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pembangunan smelter di Gresik oleh PT Freeport Indonesia belum menunjukkan perkembangan menggembirakan. Hingga kini, pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral mentah di lahan PT Petrokimia Gresik itu bisa dikatakan jalan di tempat.

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan, Freeport memang berkomitmen membangun smelter. ''Sekarang 13 koma sekian dari sebelumnya 11 persen,'' ujar Bambang, Minggu (22/11) kemarin.

Meski begitu, Bambang menjamin perpanjangan izin operasi Freeport sampai 2041 yang sampai saat ini terkatung tidak akan mengganggu. ''Pembangunan fisik sudah dilakukan. Beberapa hal juga sudah diselesaikan,'' imbuh Bambang.

Bambang menambahkan, Freeport tidak bisa membatalkan pembangunan smelter tersebut karena sudah terikat kesepakatan. Apalagi, perusahaan asal AS itu sudah menyetorkan dana USD 20 juta atau sekitar Rp 270 miliar sebagai jaminan. Nah, duit tersebut baru bisa kembali jika PT FI menyelesaikan pembangunan smelter. (dim/jos/jpnn)


JAKARTA – Pembangunan smelter di Gresik oleh PT Freeport Indonesia belum menunjukkan perkembangan menggembirakan. Hingga kini, pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News