Lestari Moerdijat: Indonesia Butuh Kearsipan Nasional yang Tangguh dan Lengkap

Lestari Moerdijat: Indonesia Butuh Kearsipan Nasional yang Tangguh dan Lengkap
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan arsip memliki peran yang luar biasa untuk mengungkap berbagai fakta di masa lalu.

Karena itu, lanjut dia, dibutuhkan gerakan bersama yang melampaui sekat-sekat politik yang ada untuk membangun kearsipan nasional yang tangguh dan lengkap demi mewujudkan cita-cita bangsa.

"Pekerjaan rumah kita masih banyak. Tidak hanya bagaimana membangun poros maritim, lebih dari itu bagaimana membangun bank data," kata Lestari Moerdijat saat menjadi pembicara kunci di seminar nasional secara hibrid di Gedung Arsip Nasional, Jakarta Selatan, Selasa (17/1).

Dia mengatakan kearsipan nasional yang lengkap sangat diperlukan untuk melestarikan semangat kemaritiman setiap anak bangsa.

Menurut Rerie yang akrab disapa, bangsa yang besar adalah bangsa menghargai sejarahnya, tentu saja sejarah yang didukung dengan data dan arsip lengkap.

Terkait peran pejuang perempuan di bidang maritim nusantara, ujar Rerie, kehadiran Ratu Kalinyamat pada abad ke-16 merupakan catatan penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Menurut Rerie, cara Ratu Kalinyamat mengonsolidasikan sejumlah kerajaan nusantara untuk membangun poros maritim, membangun industri maritim dan bersama-sama melawan penjajah Portugis merupakan catatan sejarah yang tidak boleh dilupakan dan bisa menjadi inspirasi dalam proses pembangunan saat ini.

Kegagalan Ratu Kalinyamat mendapat gelar pahlawan nasional tahun lalu harus menjadi pendorong para pemangku kepentingan di pusat dan daerah untuk terus memperkuat sistem kearsipan nasional.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menegaskan Indonesia membutuhkan kearsipan nasional yang tangguh demi mewujudkan cita-cita bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News