Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Bangun Desa Wisata dengan Perencanaan Matang

Lestari Moerdijat Tekankan Pentingnya Bangun Desa Wisata dengan Perencanaan Matang
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat beraudiensi dengan para kepala desa dan pegiat wisata di Rumah Bima, Dusun Cideng, Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (12/8). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, BANYUMAS - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan diperlukan perencanaan yang matang dalam mengembangkan potensi wisata di desa untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Menurut Lestari, dengan perencanaan yang baik, pengambil kebijakan bisa menentukan lebih dahulu mana desa yang akan diunggulkan untuk tujuan wisata.

"Setelah itu desa di sekitarnya harus dijadikan penyangga desa tujuan wisata itu sehingga satu kawasan bisa maju bersama," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8).

Pernyataan Lestari itu diungkapkan saat beraudiensi dengan para kepala desa dan pegiat wisata di Rumah Bima, Dusun Cideng, Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (12/8).

Di Kecamatan Cilongok, terdapat 20 desa dengan sejumlah potensi untuk dikembangkan sebagai desa tujuan wisata.

Pertemuan itu, menurut Rerie yang akrab disapa bertemu dengan Andy F Noya, founder Benih Baik.com, yang tinggal di Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah.

Andy pun menginisiasi acara diskusi untuk mendengarkan aspirasi dalam upaya mewujudkan dan memberdayakan masyarakat.

Sejumlah desa di Kecamatan Cilongok memiliki potensi sebagai desa wisata.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mencontohkan pengembangan Balkondes di sekitar Borobudur yang menghadapi beberapa kendala, karena perencanaan kurang matang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News