Lewat Gernas BBI, Pemerintah Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing

Lewat Gernas BBI, Pemerintah Dorong UMKM Tingkatkan Daya Saing
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) kembali hadir, sebagai bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Foto dok Kominfo

jpnn.com, TARAKAN - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) kembali hadir, sebagai bagian dari program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional.

Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menggelar Forum Digitalk dengan tema 'Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM' di Tarakan, Kalimantan Utara (19/8).

Kegiatan ini merupakan bagian dari acara puncak atau Harvesting Gernas BBI yang akan digelar pada 18-20 Agustus mendatang dengan Festival Karya Kreatif Benuanta 'Menyatu dalam Harmoni Benuanta'.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary menjelaskan peluncuran Gernas BBI pada 14 Mei 2020 oleh Presiden Jokowi, telah menunjukkan kemajuan yang cukup pesat.

“Kominfo setiap tahun selalu memberikan dukungan di bidang telekomunikasi dan media handling demi kesuksesan Gernas BBI serta dukungan pendampingan pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan forum sosialisasi sertifikasi halal,” ujar Septriana.

Isu halal juga menjadi isu yang sangat sensitif di Indonesia, terkait permintaan pasar untuk produk halal global juga sangat besar dan cenderung meningkat.

Staf Ahli Menkominfo Bidang Sosial, Ekonomi dan Budaya, R. Wijaya Kusumawardhana menyebut sertifikasi halal begitu penting.

“UMKM harus mampu menjadi yang terdepan dalam memanfaatkan peluang dari pariwisata halal karena telah menjadi pasar yang menjanjikan. Perjalanan wisatawan muslim global terus meningkat seiring dengan meningkatnya nilai belanja,” jelas Wijaya.

Kominfo setiap tahun selalu memberikan dukungan di bidang telekomunikasi dan media handling demi kesuksesan Gernas BBI serta dukungan pendampingan pembuatan NIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News