Lewat Videoconference, Warga Sinabung dan Aceh Curhat ke Presiden

Lewat Videoconference, Warga Sinabung dan Aceh Curhat ke Presiden
Pengungsi Gunung Sinabung. FOTO: dok/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Warga pengungsi letusan Gunung Sinabung dan banjir di Aceh menumpahkan segala keluhan mereka di pengungsian ketika diperkenankan melakukan videoconference dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, (17/11). Dalam videoconference yang digelar di kompleks Istana Negara, Presiden didampingi Mensesneg Pratikno dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Pada saat melakukan videoconference dengan para pengungsi Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Presiden Jokowi sempat menanyakan mengenai akses jalan menuju relokasi pengungsi. Ia memastikan relokasi itu telah berjalan sesuai instruksinya atau tidak. Para pengungsi langsung menjawab, bahwa pembangunan akses jalan telah dimulai setelah ada instruksi dari Presiden kepada KSAD dan para anggota TNI.

"Jalan menuju ke relokasi udah dimulai belum. Harusnya lebih cepat dibuat jalannya. Pastikan relokasi berjalan, tolong saya dilapori, kalau belum selesai juga saya dilapori. Karena saya sudah perintah kan KSAD untuk awasi terus, dilihat," ujar Presiden pada warga.

Menanggapi itu, warga pun mengucapkan terimakasih pada Presiden. Presiden juga meminta warga gotong royong membantu para anggota TNI dan pemerintah yang melakukan relokasi tersebut.

"Kami ucapkan terimakasih pada Presiden sudah 4 tahun lebih kami mengungsi, akhirnya ada relokasi juga," ucap salah satu pengungsi yang mewakili daerah pengungsian Sipitung.

Warga Sinabung juga mengeluh sudah 5 bulan tidak dapat bantuan apa-apa, dan mohon mendapat sembako di Berastepu, Simpang Tiga, dimana ada 160KK pengungsi. Presiden berjanji, besok akan langsung mengirimkan sembako dan uang sejumlah Rp 500 ribu untuk setiap masing-masing KK di posko tersebut.

"Akan segera kita kirimkan bantuan ya sembako dan semuanya," janji Presiden.

Selanjutnya Presiden Jokowi bertanya kepada para pengungsi korban banjir di Kutacane dan Meulaboh, Aceh Barat. Para pengungsi menjawab, bahwa banjir yang terjadi sekarang seperti tsunami. Banjir sampai setinggi 3 (tiga) meter. Saat ini banjir sudah mulai surut, dan warga mulai membersihkan rumahnya masing-masing.

JAKARTA - Warga pengungsi letusan Gunung Sinabung dan banjir di Aceh menumpahkan segala keluhan mereka di pengungsian ketika diperkenankan melakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News