Libatkan Perempuan, Perampok Ikat Korban di Hutan

Libatkan Perempuan, Perampok Ikat Korban di Hutan
Libatkan Perempuan, Perampok Ikat Korban di Hutan

jpnn.com - SURABAYA - Ada saja cara perampok meyakinkan korban. Misalnya, yang dilakukan jaringan Irwan Setiawan yang melibatkan perempuan untuk meyakinkan korban sebelum beraksi. Setelah ditodong pistol, korban diikat dan dibuang ke tengah hutan. 

Kasus tersebut diungkap Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. Perampokan itu menimpa Alam Kurniawan, warga Gayungan, Surabaya. Alam adalah penyedia jasa sewa kendaraan angkut yang biasanya parkir di pinggir Jalan Raya Buduran, Sidoarjo.

Dalam kasus tersebut, tim yang dipimpin AKBP Heru Purnomo berhasil menangkap tiga tersangka sekaligus.

Yaitu, Abdullah, 71, yang ditangkap di kosnya di Jalan Wonokromo SS dan Moch. Sodik, 68, ditangkap di tempat kosnya di Jalan Karangrejo. Ada juga Irwan yang ditangkap lebih dahulu karena kasus perampokan lainnya.

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Awi Setiyono mengatakan, perampokan tersebut terjadi awal Desember lalu. Saat itu Irwan, Ningsih (buron), Abdullah, dan Sodik merencanakan perampokan. Irwan dan Ningsih yang berpura-pura sebagai pasangan suami istri bertugas mencari calon korban. "Ini memang modus mereka agar korban benar-benar yakin," katanya.

Mereka mendatangi pangkalan penyewaan mobil di Jalan Raya Buduran, Sidoarjo, untuk menegosiasi harga. Setelah sepakat, mereka mengajak Abdullah dan Sodik dengan dalih untuk kuli pengangkut. Kepada korban, dia akan mengambil barang di daerah Kali Glagah, Jember.

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim AKBP Heru Purnomo menambahkan, selama di perjalanan, Ningsih dan Irwan bersikap dan berbicara sebagai pasutri serta duduk di samping sopir. Sodik dan Abdullah duduk di bak belakang. Ternyata, mereka mengarahkan mobil ke perkebunan karet di daerah Jember.

Di tempat yang sepi, Irwan mengajak korban dan dua kuli angkutnya melihat barang. Sementara itu, Ningsih ditinggalkan di dalam mobil. Ketika berjalan 15 meter dari mobil, Irwan mengeluarkan pistol dan ditodongkan kepada korban. "Mana STNK-nya?" ucap Heru menirukan ucapan tersangka.

SURABAYA - Ada saja cara perampok meyakinkan korban. Misalnya, yang dilakukan jaringan Irwan Setiawan yang melibatkan perempuan untuk meyakinkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News