Libur Panjang, Sebegini Jumlah Kendaraan yang Tinggalkan Jakarta

Libur Panjang, Sebegini Jumlah Kendaraan yang Tinggalkan Jakarta
Arus lalu lintas Tol Jakarta-Cikampek KM 48 arah Jawa tampak padat, Rabu (28/10) pagi. Foto: Tangkapan Layar Instagram @official.jasamarga

jpnn.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 336.929 kendaraan telah meninggalkan Jakarta pada dua hari libur panjang pekan ini 27-28 Oktober 2020.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, jumlah kendaraan tersebut yang meninggalkan Jakarta mengarah ke Timur, Barat dan Selatan.

"Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT), yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan)," kata Heru dalam keterangannya, Kamis (29/10).

Heru menambahkan, volume lalu lintas tersebut naik 40,5 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas pada hari normal di masa pandemi Covid-19.

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 51,62 persen menuju arah Timur, 26,61 persen menuju arah Barat dan 21,77 persen menuju arah Selatan," ujar Heru.

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

ARAH TIMUR

- Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama 1, yakni 100.842 kendaraan, naik sebesar 93,7 persen dari lalin pada hari normal di masa pandemi Covid-19.

Hingga hari kedua libur panjang, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta terus melonjak

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News