Liburan Raja Salman di Bali Menjadi bak Latihan Militer

Liburan Raja Salman di Bali Menjadi bak Latihan Militer
Pasukan TNI saat briefing di Nusa Dua, Jumat (3/3). Foto: Antara via Reuters

jpnn.com - jpnn.com -Liburan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Bali mulai Sabtu (4/3) ini, mengundang decak kagum sekaligus beragam kritik.

Reuters menurunkan tulisan, perjalanan resmi Raja Salman ke Malaysia, Indonesia, Brunei Darusalam, Tiongkok, Jepang, Maladewa dan Jordania ini menjadi pertanyaan, mengingat di Arab Saudi sendiri mulai menguat program penghematan menyusul harga minyak yang rendah.

Apalagi tur Asia ini diselingi liburan di Pulau Dewata Bali, surga dunia yang berada di Indonesia. Reuters mencatat, 1.500 rombongan Raja Salman, termasuk 25 pengeran dan sepuluh menteri, terbang ke Bali dengan pesawat-pesawat pribadi dan kerajaan, dengan penjagaan sedikitnya 2.500 personel polisi dan militer, plus kapal perang yang siaga diparkir di lepas pantai. Wow.

Ya, cukup wajar Reuters melabeli liburan Raja Salman di Bali kali ini sekaligus sebagai latihan militer buat tuan rumah.

"Pasti akan ada keamanan laut karena ada bagian dari pantai di mana (raja) akan tinggal," kata Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jendral Kustanto Widiatmoko.

Widiatmoko mengatakan enam kapal akan dikerahkan bersama dengan polisi anti-terorisme dan penembak jitu. "Kami berharap tidak ada masalah keamanan," tuturnya.

Selama di Bali, rombongan besar kerajaan akan tinggal di resort St. Regis, Nusa Dua. Mudah-mudahan semua lancar. Sebab, masih terngiang pada 2015 lalu, saat liburan raja di French Riviera harus dipotong karena kemarahan warga lokal meletus akibat pantai umum di Vallauris ditutup sementara.

Namun liburan rombongan pria-pria tampan di Bali ini jelas banget ada sisi positifnya Ya iyalah! Kunjungan Raja Salman dan rombongan besarnya ini akan mendorong lebih banyak di wistawan Timur Tengah mengunjungi "Pulau Dewata".

Liburan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Bali mulai Sabtu (4/3) ini, mengundang decak kagum sekaligus beragam kritik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News