Lihat nih, Banjir Bandang di Kota Padang

Lihat nih, Banjir Bandang di Kota Padang
Lihat nih, Banjir Bandang di Kota Padang

jpnn.com - PADANG – Hampir seluruh wilayah Kota Padang, Sumbar, diterjang banjir akibat hujan deras intensitas tinggi yang mengguyur sejak Kamis (16/6) sore hingga Jumat (16/6) sekitar pukul 15.30. Selain banjir, di wilayah kota Padang juga terjadi longsor dan pohon tumbang.

Sebanyak 5.000 rumah terendam banjir dan 2.000 warga sempat dievakuasi dari rumahnya akibat tingginya banjir yang menggenangi. Hingga saat ini tidak ditemukan adanya korban jiwa. 

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar telah mengusulkan untuk menjadikan Kota Padang tanggap darurat banjir dalam sepekan mendatang.

Dari data yang dihimpun, daerah yang terkena banjir. Yaitu Kecamatan Kototangah meliputi perumahan warga di Dadok Tunggul Hitam ketinggian air 50 cm, Airpacah dan Kompleks Wisma Indah 5 Tabing ketinggian air 80 cm, Kampung Jambak Simpang Kalumpang ketinggian air 50 cm, Kompleks Lubuk Intan Kelurahan Lubukbuaya ketinggian air 1 meter.

Kecamatan Padang Utara meliputi Aspol Alai, Ulakkarang, Lolong, Sungai Tunggul Hitam debit air tinggi, Jalan Khatib Sulaiman rata-rata ketinggian air 50 cm. Di Kelurahan Alai Timur ketinggian air lk 110 meter dan 20 orang warga mengungsi ke Masjid Itadul.

Di Bungus Teluk Kabung yaitu Kelurahan Bungus Barat, Bungus Timur dan Bungus Selatan. Warga masih tetap bertahan di dalam rumah karena banjir masih tergolong rendah.

Di Kecamatan Nanggalo, termasuk wilayah yang terkena dampak banjir terparah. Di antaranya Kampung Lapai, Jalan Gajah Mada, Komplek Kubu Utama Kelurahan Tabing Banda Gadang. Di sana ketinggian air mulai dari 1 meter hingga 1,5 meter, dan warga sempat dievakuasi ke tempat yang tinggi.

Kecamatan Padang Timur, belakang Masjid Raya Ganting ketinggian mencapai 50 cm  yang mengakibatkan 40 orang mengungsi ke Masjid Raya Ganting. Selain itu debit air di bandar bekali Andalas tinggi. Banjir juga mengenangi Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Tan Malaka, Sawahan, dan Jati dengan ketinggian air 40 sampai dengan 60 cm.

PADANG – Hampir seluruh wilayah Kota Padang, Sumbar, diterjang banjir akibat hujan deras intensitas tinggi yang mengguyur sejak Kamis (16/6)